Cara Membuat Flayer Dengan Photoshop

Cara Membuat Flayer Dengan Photoshop
Cara Membuat Flayer Dengan Photoshop

Cara Membuat Flayer Dengan Photoshop - Flyer itu apa sih? Flyer berbeda loh dengan brosur. Flyer merupakan media promosi yang sering digunakan oleh banyak orang. Biasanya flyer berisikan informasi yang berkaitan dengan promosi produk, jasa, usaha, barang dan lainnya. Kalo kalian memiliki akun sosial media seperti Instagram pasti kalian sering menemukan iklan berupa postingan dengan model online flayer .

Perbedaan Flyer dan Brosur

Kalo secara umum sih tujuan dan fungsi flyer dengan brosur ini sama, yaitu sebagai media penyampaian informasi khusunya media promosi. Lalu apa perbedaannya?
  • Ukuran
  • Flyer biasanya berukuran kecil, paling besar adalah A4, sedangkan brosur lebih besar yaitu ukuran A4, A5 atau A6. 
  • Cetakan
  • Flyer biasanya dicetak hanya 1 muka saja. Kalo brosur dicetak dengan 2 muka atau biasa disebuk cetak bolak balik.  Biasanya brosur tekuk 2 atau 3, jika flyer tidak ada tekukan, hanya selembar.
  • Jenis kertas
  • Kertas yg digunakan untuk membuat flyer biasanya lebih tipis dari dafi kertas yang digunakan untuk membuat brosur. Karena hal ini biaya cetak flayer juga akan lebih murah darj pada brosur.

Cara Membuat Flayer Dengan Photoshop

  1. Yang pertama, bukalah photoshop kalian dan klik File > New Document untuk membuat dokumen baru di Photoshop, atur ukurannya menjadi A5 atau dengan ukuran 148 x 210mm. Kalian juga bisa langsung memilih ukuran yang disediakan oleh Photoshop dengan cara klik "Print" pada bagian atas, dan pilih ukuran A5. Karena kita akan membuat design untuk dicetak, aturlah mode warna  CMYK dan Resolusi menjadi 300 Pixel / Inch. Tetapi kalo kalian ingin membuatnya untuk kepentingan media massa digital, seperti mengirim melalui Instagram dan WhatsApp, kalian boleh memakai mode RGB.

  2. Buatlah garis bantu di tepi nya. Gunakan Move Tool (V) dan tombol Shift untuk membuat sebuah panduan horizontal dengan menyeret kursor dari penggaris atas. Buatlah dengan ukuran masing-masing 3 mm pada sumbu X dan Y.

  3. Buatlah persegi panjang dengan menggunakan Rectangle Tool, Lalu kalian beri warna sesuai dengan yang kalian inginkan untuk warna backgroundnya. Buat Rectangle tidak melebihi garis bantu yaa.

  4. Jika kalian ingin mengkreasikannya sendiri, kalian bisa gunakan Pen Tool untuk membuat sebuah objek atau bentuk sesuai kreatifitas masing-masing. Ohya jalan lupa kalian mengatur warnanya ya.

  5. Jika kalian ingin mengatur bentuknya, setelah kalian buat dengan Pen Tool, gunakanlah Direct Selection Tool. Sehingga kalian bisa atur sendiri bentuknya, entah itu membuat lebih melengkung dan lain sebagainya.

  6. Lakukan hal yang tadi berulang kali untuk membuat bentuk lainnya.

  7. Selanjutnya, kalian buka gambar yang ingin kalian letakkan pada flayer tersebut dengan klik Open > Pilih Lokasi Gambar atau File kalian > OK

  8. Jika sudah terbuka, sesuaikan letaknya terlebih dahulu menggunakan Move Tool.

  9. Nah untuk memasukkan gambar kedalam objek yang tadi sudah di buat kalian bisa gunakan fungsi Create Clipping Mask. Caranya letakkan Layer Gambar kalian dibawah Layer Bentuk/Shape.

  10. Lalu, Klik Kanan pada layer gambar > Create Clipping Mask.

  11. Dan gambar akan masuk kedalamnya sesuai dengan bentuk yang kalian buat tadi, seperti gambar di bawah ini.

  12. Untuk memberikan kesan lebih bagus, kalian bisa tambahkan shadow atau bayangan dengan cara Klik Kanan pada layer shape/bentuk yang ingin kalian beri efek (disini saya menamainya dengan Layer Shape 2) > Blending Option > Drop Shadow (kalian bisa atur warna dan size nya) > OK.

  13. Tambahkan teks dengan Type Tool (T), Terserah kalian ingin menuliskan kata-katanya bebas. Jika kalian menawarkan produk baru maka bisa kalian sesuaikan sendiri.

  14. Sampai pada tahap ini, kalian bisa mengkreasikan sesuai kreatifitas kalian dan kebutuhan flyer kalian. 

  15. Jika sudah selesai kalian boleh hilangkan garis bantunya. Untuk menghilangkan bagian yang atas dengan tekan mouse bagian kiri, sambil menekan, seretlah garis tersebut ke arah atas sampai pojok photoshop, lalu lepaskan mousenya. Dan kalian sudah bisa menyimpan atau save as design yang sudah kalian buat. Hasil akhir flayer yang saya buat seperti ini.

Penutup

Sekian Tutorial Membuat layer Dengan Photoshop yang saya buat, semoga bermanfaat. Selamat mencoba sendiri.