Cara Membuat Google Form di HP

Cara Membuat Google Form di HP
Cara Membuat Google Form di HP

Cara Membuat Google Form di HP - Membuat Google Form di HP alias Android saat ini semakin banyak dicari oleh berbagai kalangan. Seperti mahasiswa, guru hingga pekerja kantoran karena fungsinya yang memang sangat membantu.

Kalian nggak perlu lagi membuat sampel penelitian khususnya kuesioner di kertas dan membagikannya langsung ke orang-orang. Karena sekarang dengan Google Form semuanya bisa dilakukan lewat smartphone ataupun laptop.

Sayangnya, masih banyak orang yang belum tahu bagaimana cara membuat soal di Google Form ini nih. Nah, buat kalian yang belum tahu, jangan khawatir karena saya akan memberikan caranya disini.
Sebelumnya, saya juga sudah membahas Cara Membuat Google Form dengan Mudah melalui komputer atau PC. Nah buat kalian yang sangat mobile alias kerap bekerja kemana-mana, saat ini bisa mengerjakan Google Form langsung di HP loh.

Cara Membuat Google Form di HP

Dengan HP, kalian nggak  perlu repot-repot membawa laptop yang berat kemama-mana. Bahkan, kalian bisa mengetahui cara membuat Google Form di HP Android atau iPhone paling mudah, cepat, dan efektif. Yuk langsung saja simak pembahasan tentang cara membuat Google Form di HP selengkapnya berikut ini.

Cara Membuat Google Form di HP Tanpa Aplikasi

Buat kamu yang malas untuk membuat forms Google menggunakan aplikasi tambahan karena bikin HP lemot atau ram kalian yang tidak mendukung alias kentang, kalian bisa kok langsung membuatnya di situs resmi Google Formulir. Caranya pun gampang banget nih, langkah-langkah membuat Google Form di HP tanpa aplikasi :
  1. Kunjungi situs Google Formulir

  2. Dari aplikasi browser di HP, kamu kunjungi situs resmi Google Form https://docs.google.com/forms/. Kemudian kalian akan langsung diberikan tampilan form untuk mulai membuat soal seperti di bawah ini.


  3. Edit isi formulir

  4. Selanjutnya, kalian bisa langsung edit isi formulir mulai dari judul, deskripsi formulir, kemudian lanjut ke pertanyaan sesuai dengan yang kalian butuhkan. Di bagian membuat soal pertanyaan, kalian bisa pilih jenis jawaban yang kalian mau seperti misalnya pilihan ganda, kotak centang, dan lainnya.

    Nah, jika menurut kalian pertanyaan itu memang wajib untuk diisi, maka kalian bisa aktifkan slider 'Wajib diisi'.


  5. Tambah pertanyaan baru

  6. Untuk menambahkan pertanyaan berikutnya, kalian tinggal pilih ikon tambah (+) di bagian pojok kiri bawah.


    Lalu, tuliskan pertanyaan selanjutnya sesuai kebutuhan kalian.

  7. Submit formulir

  8. Jika semua pertanyaan sudah cukup, kalian tinggal submit formulir tersebut dengan menekan tombol ikon 'Send' pada bagian atas.


    Nah, pada bagian ini kalian bisa langsung mengirimkan link forms Google tersebut ke email responden atau bisa juga dengan meng-copy link dan membagikannya di media sosial seperti misalnya di FB dan Twitter.


  9. Melihat tanggapan

  10. Setelah link survei dibagikan, kalian bisa melihat hasil tanggapan yang sudah diperoleh pada bagian 'Respons'. Tinggal klik saja, maka nanti hasilnya akan muncul.

Cara Membuat Google Form di HP Android Dengan Aplikasi

Cara membuat Google Form di HP dengan aplikasi itu sebenarnya hampir mirip pada saat kalian membuatnya langsung melalui situs resmi Google Form. 

Perlu diperhatukan, bahwa sambungan internet kalian kencang dan berkualitas agar bisa membuat GForm dengan lancar. Selain itu cara ini juga bisa menjadi alternatif ketika kalian malas membuatnya lewat situs Google Form karena user interface-nya yang rumit misalnya.

Langkah-langkah membuat Google Form di HP menggunakan aplikasi FormsApps :
  1. Install Aplikasi

  2. Kalian bisa download aplikasi bernama "FormsApp" pada Playstore kalian jika kalian menggunakan andorid. Fungsinya sama saja seperti situs Google Form yang kita tahu.


  3. Login akun Gmail

  4. Pada saat pertama kali membuka aplikasinya, kalian akan diberikan beberapa pengenalan mengenai aplikasi ini. Selanjutnya login menggunakan akun Gmail kalian masing-masing.


  5. Mulai Membuat Formulir

  6. Sudah tersedia berbagai template yang dapat kalian pilih agar lebih praktis. atau bisa juga membuat formulir baru dengan memilih opsi  'untuk menavigasi melalui tanggapan'.


  7. Edit Isi Formulir

  8. Setelah itu, sama saja langkahnya seperti yang tadi, berikan judul form yang diinginkan beserta deskripsi singkat mengenai tujuan dari dilakukannya penelitian atau survei tersebut.

    Jika sudah, untuk memasukkan pertanyaan-pertanyaan yang ingin diajukan, tekan tombol ikon tambah (+). Kemudian pilih jenis pertanyaan yang ingin diajukan.


  9. Buat pertanyaan

  10. Kalian bisa membuat beberapa pertanyaan yang diinginkan serta pilihan jawaban jika kalian memilih jenis pertanyaan CheckBox atau Multiple Choice dan lainnya.


    Nah, kalian juga bisa mengatur apakah pertanyaan tersebut sifatnya wajib diisi atau tidak, dengan mengaktifkan slider 'Wasjib Diisi'. Jika sudah, ketuk sembarang di luar jendela dialog tersebut.


  11. Untuk menambahkan pertanyaan baru, tinggal tekan tombol ikon tambah (+) lagi dan seterusnya.

  12. Bagikan link formulir

  13. Setelah semua pertanyaan selesai dibuat, tekan tombol 'kirimkan' untuk mendapatkan link formulir tadi dan membagikannya kepada responden.


  14. Selesai deh, Seperti itulah Cara Membuat Google Form dari HP Android menggunakan aplikasi FormsApp.

Cara Melihat Hasil Google Form di HP

Keuntungan dari aplikasi ini, kalian juga bisa langsung melihat hasil dari Google Form dengan mudah. Caranya juga sangat sederhana. Cara melihat hasil Google Form di HP Android :
  1. Pilih formulir

  2. Pada halaman utama, tap formulir mana yang ingin kamu lihat hasilnya. Setelah itu tap pada opsi 'Lihat Tanggapan'.

  3. Lihat hasil survei

  4. Kalian bisa melihat hasil Google Form yang responden isi satu per satu, maupun rangkumannya di 'Ringkasan' atau 'Individu'.

  5. Download hasil survei

  6. Nah, untuk mendownload hasilnya kamu tinggal tekan tombol 'Unduh' kemudian pilih format file yang diinginkan.

  7. Lalu  kalau ingin mencetak formulir Google Form menjadi hard copy, Caranya simpan respon ke dalam bentuk PDF.

Penutup

Gampang dan simple banget kan ternyata Cara Membuat Google Form di HP. Nah, sekarang giliran kalian mencobanya sendiri yah. Semoga bermanfaat dan bagikan ke teman-teman kalian juga. Terimakasih!