Cara Membuat Typography Wajah dengan Photoshop

Cara Membuat Typography Wajah dengan Photoshop
Cara Membuat Typography Wajah dengan Photoshop


Cara Membuat Typography Wajah dengan Photoshop - Tutorial kali ini saya akan memberikan bagaimana cara membuat typography wajah dengan photoshop. Typography atau dalam bahasa Indonesianya typografi adalah suatu kesenian dan teknik memilih huruf dengan pengaturan penyebaran pada ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu dan kenyamanan semaksimal mungkin. 

Sekarang saatnya kalian mempraktekannya dengan membuat sebuah susunan huruf yang membentuk wajah. Dalam teknik ini kalian pakai aplikasi Photoshop yaa.

Cara Membuat Typography Wajah dengan Photoshop

  1. Buka photo wajah yang akan diberi effect typography di photoshop. Saya sarankan menggunakan photo close up. kemudian kalian gunakan fitur Quick Selection Tool (W), untuk mengubah background nya menjadi warna hitam.



  2. Jika foto yang kalian pakai menggunakan background terang, silahkan ganti menjadi hitam ya sesuai yang saya bilang sebelumnya. Kalian bisa bisa menggunakan Paint Bucket Tool (G) kemudian klik pada bagian yang sudah di seleksi pada langkah sebelumnya dengan mengganti warna hitam.



  3. Buatlah tulisan yang kalian suka atau yang ingin kalian temppelkan menggunakan Horizontal Type Tool (T). Contohnya saya menulis kalimat “LEONARD KLEINROCK PENEMU INTERNET” dengan font Calibri bold, dan kalian menggunakan fungsi pada keyboard kalian dengan menggabungkan CTRL + T fungsinya adalah untuk mempersempit jarak biar nanti hasilnya jadi lebih rapih dengan merapatkan tulisan, karena pada dasarnya jika menggunakan default nantinya akan banyak ruang renggang yang membuat jelek pada nantinya.



  4. Selanjutnya, pada layer background ( actor ) silahkan buat menjadi Layer 0 dengan cara Double Click pada icon gembok.

  5. Before After

  6. Langkah selanjutnya yaitu buatlah layer baru, lalu berikan warna hitam dengan menggunakan Pain Bucket Tool (G). dan tempatkan di posisi paling bawah.



  7. Setelah itu  kalian masukan gambar kedalam tulisan - tulisan yang sudah kalian udah bikin tadi. Caranya klik kanan pada layer gambar  ( actor ) > Create clipping mask.



  8. Nah kalo sudah di tahap ini, kalian sukses membuat efek typography pada wajah dengan menggunakan photoshop. Untuk memperindah efek typography, silahkan kalian atur sendiri yaaa ukuran font.



  9. Masih pada layer foto actor ini, kalian atur level layer. Dengan menekan Ctrl + L di keyboard. Atur level dengan kalian sesuaikan agar bentuk wajahnya terbentuk, jadi jangan terpacu dengan yang saya buat, karena pada lekuk wajah aktor berbeda - beda.



  10. Sampai disni kalian sudah berhasil dalam membuat Typography Wajah dengan Photoshop, silahkan kalian kreasikan sendiri, dengan menambahkan font yang lain, dengan mengubah ukurannya agar berbeda dengan yang lain, use your brain saja ya, kreasi sendiri saja selebihnya.

Penutup

Sekian dulu dari saya tentang Cara Membuat Typography Wajah dengan Photoshop untuk selebihnya seperti saya bilang kalian berkreasi sendiri, dan semoga bermanfaat artikel yang saya berikan ini :), sampai jumpa di artikel selanjutnya.