Cara Menggunakan Photoshop : Panduan untuk Pemula

Cara Menggunakan Photoshop : Panduan untuk Pemula
Cara Menggunakan Photoshop : Panduan untuk Pemula

Cara Menggunakan Photoshop : Panduan untuk Pemula - Belajar photoshop akan sangat membantu kalian untuk mengedit dan membuat suatu design. Jika kalian belum bisa menggunakan software desain grafis ini admin akan menjelaskan bagaimana cara menggunakan photoshop untuk pemula. Panduan ini menjelaskan kalian dasar-dasar memulai dan mempelajari cara mengedit foto dengan photoshop. 

Photoshop

Adobe Photoshop adalah software editing dan desain grafis yang digunakan oleh banyak orang dalam berbagai peran di seluruh dunia. Bukan cuma untuk foto, kalian bisa menggunakan aplikasi ini untuk merancang website, dan membuat karya seni 3D. Kalian bisa membaca mengenai pengertian lengkap Photoshop disini.

Cara Menggunakan Photoshop

Sebagai pemula penting untuk memahami anatomi interface photoshop sebelum memulainya. Pada saat kalian membuka programnya, kalian akan melihat menu utama di bagian atas, seperti program lain. Di sepanjang sisi kiri, kalian akan menemukan  sidebar yang menunjukkan tools utama. Di sisi kanan, kalian akan menemukan tools warna (color) dan layer. 

Cara Membuat File di Photoshop


Untuk membuat dokumen baru atau membuka file di komputer kalian, caranya klik "File" di menu kiri atas. Pilih "New" untuk membuat dokumen baru. Atau klik "Open" untuk membuka komputer kalian dan membuka file yang ada.

Saat kalian ingin membuat dokumen baru, kotak dialog akan muncul. Pada kotak dialog itu kalian bisa memberi nama file dan memilih ukuran dan resolusi sesuai dengan yang kalian inginkan. 

Resolusi  72 piksel / inci adalah ukuran optimal untuk gambar website. Tetapi kalian ingin mencetak foto berkualitas tinggi, gunakanlah resolusi 300 piksel / inci. Setelah kalian selesai memberikan ukuran, klik "OK"

Photoshop akan me "lock" atau mengkunci dokumen baru yang baru kalian buat, kalian tidak bisa mengedit langsung ke layernya. Untuk membukanya, cukup klik ikon kunci pada nama layer dan lock tersebut akan hilang.

Toolbox Photoshop


Toolbox pada sidebar merupakan alat untuk mengedit foto atau jenis file lain. Tools yang ada pada sidebar tersebut disusun dalam kelompok berdasarkan fungsinya masing-masing :
  • Bagian atas menampilkan Selection, Cropping, dan Slicing Tools. Tools tersebut untuk memilih bagian dari gambar yang di edit atau mepotong bagian yang kalian inginkan.
  • Bagian kedua menampilkan Retouch and paint. Tools ini bisa digunakan untuk menghilangkan bintik-bintik yang tidak diinginkan pada suatu foto, menghapus bagian-bagian tertentu, memberi warna, atau memberikan efek seperti Blurring atau Sharpening.
  • Bagian ketiga adalah Tools Drawing dan Typing. Tools ini untuk menulis teks di atas gambar kalian atau menyisipkan gambar ke foto dengan menggunakan Tool Pen. 
Setiap kalian mengklik salah satu sidebar sisi kiri, Kalian akan melihat opsi tool muncul di bawah menu utama atas.  Baca penjelasan lebih detail mengenai fungsi tools pada Photoshop disini.

Layer


Layer adalah elemen Photoshop yang paling penting  Layer dapat digunakan untuk gambar, teks, sapuan kuas, warna latar belakang, pola, dan filter. Setiap layer bisa dimodifikasi secara individual tanpa mempengaruhi proyek secara keseluruhan, yang bisa menghemat banyak waktu saat melakukan pengeditan untuk masing-masing elemen design kalian.

Layer memiliki modul sendiri di sudut kanan bawah layar Photoshop, secara default. Kalian juga dapat mengaksesnya dengan mengklik "Layer" di bilah menu atas.

" Selalu beri nama layer kalian ya. Untuk memudahkan kalian menemukan layer yang ingin kalian edit dan pilih dalam mengerjakan proyek dengan jumlah layer yang banyak "

Menambah layer

Dari bilah menu atas, pilih Layer > New Layer 

Menghapus layer

Pilih layer yang ingin dihapus > klik kanan > Delete Layer

Memilih layer

Untuk mengedit bagian tertentu dari gambar kalian, kalian harus memilih layer tertentu. Klik saja layernya. Atau bisa dengan cara auto select yang bisa kalian aktifkan centang nya di bagian atas. Cara kerjanya, ketika kalian klik gambar yang kalian pilh, maka otomatis akan langsung menuju layer gambar tersebut.

Menyembunyikan layer

Kalian juga akan melihat ada simbol "mata" di samping setiap layer. Jika kalian ingin hide atau sembunyikan layer , Klik simbol mata tersebut. dan jika kalian ingin memunculkannya kembali, klik simbolnya saja lagi. Maka akan muncul seperti semula.

Menduplikasi layer

Pertama, pilih layer atau grup di panel Layer, lalu seret layer atau grup ke tombol Create a New Layer, atau klik kanan layer untuk memilih "Duplicate Layer" atau "Duplicate Group." Masukkan nama untuk layer atau grup baru, dan klik "OK".

Alat Warna dan Swatch

Alat Warna dan Swatch digunakan untuk memodifikasi, menyalin, dan menyimpan warna kustom. Alat Warna & Swatch terletak di sudut kanan atas layar Photoshop kalian secara default.

Membuat warna kustom

Buka Color Picker dengan cara klik dua kali pada kotak bagian atas baik di modul Warna, atau di menu di sebelah kiri. Kalian akan melihat spektrum warna vertikal dengan slider di atasnya, kalian bisa sesuaikan untuk membuat warna kustom sendiri. Atau kalo kalian udah punya warna tertentu yang tahu nilai heksinya (contohnya # 1fb1ee), masukkan kedalam kotak yang sesuai untuk menemukan warna itu secara otomatis. Kalian juga bisa memilih contoh warna berdasarkan nilai RGB atau CMYK. Warna apa pun yang kalian buat bisa ditambahkan ke "Swatch" dengan mengeklik "Add to Swatch"

Font dan Alat Teks

Alat Teks bisa kalian gunakan untuk menambahkan font kustom memberi kalian akses ke pengaturan font tingkat lanjut yang memberi gaya teks. Letaknya ada pada Toolbar di sebelah kiri bagian bawah.

Setelah mengklik ikon alat Teks, semua pengaturan dan opsi font akan muncul di bagian atas layar. Pengaturan ini memungkinkan kalian untuk mengubah font, ukuran font, dan jarak antar karakter, tinggi, lebar, warna, dan gaya. Pastikan untuk memilih lapisan teks yang kalian inginkan untuk mengeditnya.

Menambahkan teks

Alat teks berfungsi seperti alat teks lain. Klik ikon "T" di bilah sisi kiri, seret kotak teks di atas area tertentu yang kalian inginkan teksnya muncul. Setiap kali membuat kotak teks, Photoshop akan menghasilkan layer untuk itu. Kalian bisa memilih warna, ukuran, goresan, gaya font, dan berbagai opsi lain untuk mengubahnya.

Select Tool

Alat ini akan memilih elemen individu, seluruh grafik, dan menentukan apa yang disalin, dipotong, dan ditempelkan ke dalam design kalian. Terletak pada Bilah alat di sebelah kiri.

Select Tool  hanya akan berfungsi jika layer disorot. Jadi, jika ingin memotong atau menyalin sepotong Layer 4, Layer 4 harus disorot pada bilah alat Lapisan. Area yang disorot ditandai dengan garis putus-putus.

Memilih gambar untuk dimasukkan ke dalam design 

Buka gambar dan gunakan Select Tool untuk menentukan berapa banyak gambar yang ingin kalian salin. Setelah kalian memilih area gambar, cukup salin area tersebut.

Move Tool

Alat ini merupakan alat yang akan sering kalian gunakan, memungkinkan kalian untuk memindahkan elemen-elemen individual dari design kalian. Move Tool berfungsi pada setiap lapisan, alat ini terletak pada bilah alat di sebelah kiri, di bagian atas.

Menggunakan Move Tool

Klik Ikon Move Tool dari bilah menu sebelah kiri dan cukup tarik objek yang ingin kalian pindahkan. Untuk memindahkan semua objek dalam satu lapisan, cukup sorot layer dan gunakan Move tool. Kalian juga dapat mengklik kanan objek untuk opsi tambahan.

Untuk skala, rotasi, memindahkan, dan flip

Free Transform tool memungkinkan kalian mengukur, memutar, memindahkan, dan membalik elemen apa pun di layer atau layer pilihan kalian. Kalian bisa pakai shortcut CTRL + T atau Command + T (untuk Mac) pada keyboard untuk memulai Free Transform, dan periksa opsi yang muncul di bagian atas layar. Pada phosotshop CC perubahan ukuran proporsional. Jika ingin mengaturnya sendiri, Tahan tombol SHIFT sambil mengubah untuk mengatur ukuran yang sesuai kalian inginkan.

Blending Options


Blending Options mencakup sejumlah fitur untuk meningkatkan tampilan atau design kalian. Misalnya, kalian bisa menggunakan efek "Outer Glow" untuk membuat huruf tampak seperti bercahaya, menggunakan efek "Drop Shadow" untuk menambahkan bayangan ke huruf.

Blending option ini terletak Dari menu bar bagian atas, pilih Layer > Layer Style > Blending Options. Kalian juga bisa  mengklik dua kali layer apa saja untuk memunculkan opsi untuk layer tertentu.

Penutup

Sekian pembahasan artikel kali ini, Semoga Bermanfaat!