Jenis-Jenis Format File pada Photoshop

 

Jenis-Jenis Format File pada Photoshop
Jenis-Jenis Format File pada Photoshop

Jenis-Jenis Format File pada Photoshop - Dalam desain grafis dan percetakan yang berhubungan dengan gambar dan foto, ada banyak sekali jenis format atau ekstensi file gambar. Jadi jangan heran kalo satu file bisa dibuat berbagai macam format gambar yang disesuaikan dengan kebutuhan nya. Menyimpan file dengan format yang sesuai dengan kebutuhan sangatlah penting, apalagi kalo ingin dicetak. Jangan biasakan menggunakan file master ketika ingin mencetak karena file kalian bisa di  duplikat sebelum file di cetak.

Pada artikel kemarin megenai pengertian photoshop, admin sedikit menyebutkan format tertentu seperti JPEGPDF, GIF, PNG, dan lainnya. Nah di artikel yang sekarang ini admin ingin menjelaskan dari kegunaan masing-masing format tersebut. Silahkan simak artikel dibawah ini untuk mengetahui lebih detail.

Jenis-Jenis Format File pada Photoshop

Jenis-jenis format file atau gambar yang bisa dihasilkan oleh Adobe Photoshop ada berbagai macam. Pilihan format ini akan muncul ketika kalian ingin menyimpan gambar, atau save as.

Photoshop Document (PSD)

Format .psd pasti sangat familiar bagi kalian yang sudah terbiasa menggunakan photoshop. PSD merupakan format file dokumen asli dari Adobe Photoshop. Atau bisa di bilang file mentah karena file format .psd ini menyimpan secara lengkap informasi hasil editing kalian seperti Layer, Blending Option, dan lainnya yang jika kalian buka kembali pada Photoshop maka bisa melanjutkan kembali proses editingnya. Kekurangan dari PSD, memiliki ukuran yang sangat besar jika banyak proses editing yang dilakukan.

Joint Photographic Expert Group (JPEG / JPG)

Format JPEG atau JPG adalah format yang sering sekali kalian jumpai di berbagai perangkat digital, betul? JPEG merupakan format yang paling umum pada sebuah file foto atau gambar. Karenakan format ini dapat mengkompresi foto dengan kualitas yang bisa disesuaikan, selain itu format ini juga bisa menyimpan berbagai macam mode warna seperti CMYK, RGB dan Grayscale.

JPEG memiliki kekurangan jika kalian menggunakan yaitu format ini tidak bisa membuat atau menyimpan gambar transparan dan sebaiknya jangan membuka kemudian menyimpan ulang kembali di photoshop atau software manapun karena akan menurunkan kualitas gambar. Dikarenakan format ini akan melakukan kompresi ulang.

Portable Network Graphic (PNG)

Format PNG juga tentunya kalian tau kalau format ini biasa digunakan untuk menyimpan objek-objek yang memiliki background transparan, karena pada format ini gambar disimpan utuh dan biasanya tidak ada kompresi. Dengan tidak ada kompresi ulang maka format ini bisa memiliki ukuran yang besar dibanding JPEG maupun format lain. PNG biasanya digunakan untuk menampilkan objek halaman web. Keunggulan lain dari PNG, bisa menyimpan file dalam 24 bit dan bisa menyimpan alpha channel sedangkan JPEG tidak bisa.

Format PNG sagat memudahkan kalian karena background belakang transparan, cocok untuk kalian yang suka memanipulasi gambar, menggabungkan beberapa gambar jadi satu tanpa harus susah-susah melakukan banyak cropping.

Graphic Interchane Format (GIF)

GIF adalah format standar untuk publikasi elektronik dan internet. Biasanya digunakan untuk banner iklan pada situs web karena bisa menyimpan animasi 2D atau gambar bergerak (animated GIF). GIF memiliki kompresi (LZW) yang sangat tinggi, tentunya beberapa detail akan dihilangkan. GIFF cuma bisa menyimpan dalam 8 bit (hanya mendukung mode warna Grayscale, Bitmap dan Indexed Color). 256 warna yang berarti kualitasnya dibawah dari JPEG dan PNG.

BITMAP (BMP)

Format yang fleksibel pada platform Windows karena format ini bisa diterima di seluruh software yang beroperasi pada OS Windows. Format ini bisa menyimpan gambar dengan kualitas 1-24 bit, tapi tidak bisa menyimpan layer dan alpha channel. Banyak dgunakan untuk membuat dekstop wallpaper. Kalian bisa mengkompres format file ini dengan kompresi RLE. Bitmap bisa menyimpan gambar dalam mode warna RGB, Grayscale, Indexed Color, dan Bitmap.

Tagged Image Format File (TIFF / TIF)

TIFF  adalah format yang biasa digunakan dalam percetakan karena bisa menyimpan gambar dengan kualitas tinggi hinggi 32 bit. Sama seperti PNG, TIFF juga bisa menyimpan gambar dengan objek transparan dan menyimpan Alpha Channel. Dengan tingginya kualitas gambar, tentu format ini juga memiliki ukuran yang besar. TIFF bisa digunakan untuk keperluan pertukaran antar platform (PC, Machintosh, dan Silicon Graphic). Hampir semua program yang mampu membaca format file bitmap juga mampu membaca format file TIF.

Encapsulated Postscript (EPS)

EPS biasa digunakan di berbagai program grafis karena berisikan grafik vektor, teks maupun bitmap. Format EPS mendukung banyak mode warna seperti RGB, Lab, CMYK, Duplex, Indexed, dan Grayscale. Selain itu format file ini juga bisa menyimpan clipping path. Keunggulan dari EPS menggunakan bahasa postscript sehingga format file ini dikenali oleh hampir semua program persiapan cetak. Selain itu EPS sering digunakan untuk mencetak gambar, dan media untuk pertukaran dokumen antar program grafis. Eps juga biasanya digunakan untuk pengeditan lebih lanjut di Adobe Illustrator.

PCX

PCX dikembangkan oleh perusahaan bernama Zoft Cooperation. Format ini merupakan format yang fleksibel, hampir semua program dalam PC mampu membaca gambar dengan format file ini.
PCX bisa menyimpan informasi bit depth sebesar 1 hingga 24 bit tetapi tidak nosa menyimpan alpha channel. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB, Grayscale, Bitmap dan Indexed Color.

Portable Document Format (PDF)

PDF digunakan oleh Adobe Acrobat, dan bisa digunakan oleh grafik berbasis pixel maupun vektor. PDF bisa menyimpan gambar dengan mode warna RGB, CMYK, Indexed Color, Lab Color, Grayscale dan Bitmap. Format file ini tidak bisa menyimpan alpha channel. PDF sering menggunakan kompresi JPG dan ZIP, terkecuali untuk mode warna Bitmap yaitu menggunakan CCIT.

PIC (Pict)

PIC merupakan standar dalam aplikasi grafis dalam Macintosh dan program pengolah teks dengan kualitas menengah untuk transfer dokumen antar aplikasi. Format file ini bisa menyimpan gambar dengan mode warna RGB dengan 1 alpha channel serta Indexed Color, Grayscale dan Bitmap tanpa alpha channel. PIC juga menyediakan pilihan bit antara 16 dan 32 bit dalam mode warna RGB.

Targa (TGA)

Format file ini didesain untuk platform yang menggunakan Targa True Vision Video Board. TGA bisa menyimpan gambar dengan mode warna RGB dalam 32 bit serta 1 alpha channel, juga Grayscale, Indexed Color, dan RGB dalam 16 atau 24 bit tanpa alpha channel. TGA berfungsi untuk menyimpan dokumen dari hasil render dari program animasi dengan hasil output berupa sequence seperti 3D Studio Max.

Interchange File Format (IFF)

Pada umumnya IFF digunakan untuk bekerja dengan Video Toaster dan proses pertukaran dokumentasi dari dan ke Comodore Amiga System. IFF dikenali hampir semua program grafis yang ada dalam PC serta bisa menyimpan gambar dengan mode warna Bitmap. IFF tidak bisa menyimpan alpha channel.

Scitex Continous Tone (SCT)

SCT digunakan untuk menyimpan dokumen dengan kualitas tinggi pada komputer Scitex. SCT bisa menyimpan gambar dengan mode warna RGB, CMYK, dan Grayscale tapi tidak bisa menyimpan alpha channel.

Pixar (PXR)

Format yang satu ini khusus untuk pertukaran dokumen dengan Pixar Image Computer. PXR bisa menyimpan gambar dengan mode warna RGB dan Grayscale dengan 1 alpha channel.

RAW

RAW merupakan format file yang fleksibel untuk pertukaran dokumen antar aplikasi dan platform. RAW bisa menyimpan mode warna RGB, CMYK, dan Grayscale dengan 1 alpha channel serta mode warna Multichannel, Lab Color dan Duotone tanpa alpha channel.

Dekstop Color Separation (DCS)

DCS dikembangkan oleh Quark dan merupakan format standar untuk .eps. Format ini bisa menyimpan gambar dengan mode warna Multichannel dan CMYK dengan 1 alpha channel dan banyak spot channel. DCS juga bisa menyimpan clipping path dan sering digunakan untuk proses percetakan (publishing).

Ketika kalian menyimpan file kalian ke dalam format DCS, maka yang akan tersimpan adalah 4 channel dari gambar tersebut dan 1 channel preview.

Format lainnya

Adobe Photoshop juga dapat menghasilkan format lainnya seperti :
  • Dicom (.dcm, .dc3, .dic)
  • Large Document Format (.psb)
  • JPEG 2000 (.jpf, .jpx, .jp2, .j2c, .j2k, .jpc)
  • JPEG Stereo (.jps)
  • Multi Picture Format (.mpo)
  • Portable Bitmap (.pbm, .pgm, .ppm, .pnm, .pfm, .pam)

Penutup

Dari banyaknya format diatas, Format gambar yang umum diantaranya : PNG, JPG / JPEG, PDF, GIF, PSD, dan TIFF. Sekian artikel kali ini, Semoga Bermanfaat!