Panduan Dalam Membuat Website

Panduan Dalam Membuat Website
Panduan Dalam Membuat Website

Panduan Dalam Membuat Website - Hallo sahabat ruangcoder, di zaman yang semakin canggih ini membuat siapa saja tertarik menjajal bisnis online. Salah satu cara terbaik untuk promosi produk atau jasa yang ditawarkan biasanya dapat melalui website, tidak heran seperti saya sendiri kadang dapat projek disuruh membuat website e-commerce sederhana ataupun company profile, terlebih lagi adanya fitur instagram shopping yang dimana jika ingin mengaktifkan fitur tersebut harus sudah mempunyai website jualan terlebih dahulu.

Sebenarnya dalam membuat website juga tak hanya digunakan sebagai bisnis saja, sebab fungsi website pula digunakan sebagai beragam proyek online lainnya. Berikut diulas beberapa cara membuat website yang mudah, dan tentunya saya sendiri menyediakan jasa pembuatan website hehehe promosi mimin.

Langkah - Langkah Dalam Membangun Website

  1. Menentukan Ide atau Topik dari Pembuatan Website

    Cara pembuatan website yang pertama yang harus kalian lakukan yaitu menentukan ide atau topik web yang akan kalian bangun. Hal pertama ini memang terdengar klise, namun siapa sangka jika cara pertama ini tidak boleh dilewatkan begitu saja apalagi ingin menjadi seorang blogger bingung mau bikin topik apa nanti stres sendiri hahaha. Sebab selama proses pembuatan website, nantinya kalian akan mendapati banyak sekali pilihan.

    Kalian juga bisa menentukannya sesuai dengan ketertarikan atau niche yang kalian kuasai. Misalnya saja website e-commerce, blog, website edukasi, website berita, komunitas online, ataupun juga sebatas portofolio. Beragam contoh tersebut merupakan tipe website yang paling banyak dibuat oleh orang. Pertimbangkan secara matang, topik apa yang akan kalian gunakan pada website kalian nantinya.
  2. Menentukan Platform Website

    Setelah melakukan beberapa cara dalam membangun website yang pertama tersebut, langkah selanjutnya yaitu menentukan platform untuk membangun website kalian. Platform atau lebih tepatnya disebut dengan Content Management System (CMS), bisa kalian gunakan untuk membantu kalian dalam membuat dan mengubah konten website tanpa harus mengerti mengenai bahasa pemrograman.

    Bagi kalian yang tidak mengetahui mengenai programming atau coding tentunya hal satu ini akan sangat menguntungkan. Sebab dengan adanya CMS atau platform akan memudahkan kalian dalam membuat website kalian. Salah satu platform yang sering digunakan oleh banyak orang dibandingkan platform lainnya yaitu WordPress, tapi jika kebutuhannya kompleks mau gak mau harus sedikit paham loh ya tentang programming.
  3. Mengatur Nama Domain

    Langkah dalam membuat website berikutnya yaitu mengatur dan menentukan nama domain pada website kalian. Sebelum mendaftar nama domain, cobalah untuk kalian menentukan nama yang unik dan catchy untuk website kalian. Langkah dalam membuat nama domain yang pertama, yaitu kalian lakukan brainstorming pada beberapa nama website yang berpotensi.

    Kemudian kalian bisa gunakan tool cek domain, ketik atau masukkan nama domain yang diinginkan di tools pencari tersebut. Hal tersebut guna mencari dan menentukan untuk nama domain  website kalian nantinya. Pilihlah nama domain yang terbaik dan cocok dengan website yang akan kalian buat. Yang terakhir yaitu silahkan kalian selesaikan order dan segera registrasikan domain yang dibeli tersebut, kalau saran dari saya sendiri, buat domain yang uniq dan tidak mengandung number.
  4. Memilih Web Hosting

    Beberapa cara dalam membuat website yang terakhir yaitu memilih hosting yang andal dan terpercaya. Hosting yang terbaik harus memiliki tiga poin utama yaitu dari segi keamanan yang tinggi, kecepatan load yang baik, serta dapat diandalkan 24/7 saat terjadi kendala. Terdapat berbagai pilihan web hosting yang bisa kalian gunakan, namun cobalah mencari yang sesuai dengan kebutuhan proyek online kalian, dan tentu sesuaikan budget kalian dalam memilih kapasitas hosting jangan terlalu memaksakan.

    Dengan memperhatikan langkah - langkah dalam pembuatan website tersebut, akan membantu kalian menciptakan website untuk kebutuhan bisnis atau yang lainnya. Sebenarnya terdapat berbagai platform yang bisa kalian gunakan untuk website, namun carilah yang sesuai dengan ide atau topik website yang telah kalian tentukan sebelumnya.

Kesimpulan

Dalam membuat website silahkan kalian perhatikan terlebih dahulu, dari yang pertama yaitu budget, kemudian mau diarahkan kemana pasarnya atau targetnya, membuat nama domain yang uniq, paham pasaran topik yang kalian tujukan untuk nantinya bersaing, jadi difikirkan terlebih dahulu matang - matang dan melihat pesaing jika kalian dikategori bisnis.

Penutup

Mungkin cukup sampai sini saja artikel yang saya tulis tentang Panduan Dalam Membuat Website semoga bermanfaat bagi kalian semuanya.
Terimakasih