Pengertian Proxy, Fungsi dan Cara Kerjanya

 
Pengertian Proxy, Fungsi dan Cara Kerjanya
Pengertian Proxy, Fungsi dan Cara Kerjanya

Jaman sekarang mengakses internet secara bebas diikuti dengan berbagai bahaya yang melekat pada pelanggaran keamanan data dan pencurian identitas. Kalian mungkin memakai server proxy dengan memanfaatkan Virtual Private Network (VPN) atau menggunakan server proxy untuk pribadi ketika kalian menjelajah web.

Pengertian proxy

Server proxy adalah sebuah sistem yang bekerja sebagai perantara jaringan, Contohnya ketika kalian mengakses sebuah halaman website, proxy yang akan melakukan permintaan dan penerimaan informasi dari website tersebut ke perangkat yang kalian pakai. Ada berbagai tingkat keamanan, kerahasiaan informasi, dan fungsi proxy sesuai jenis yang kalian pakai.

Tergantung pada jenisnya, server proxy bekerja dengan menyambungkan atau menghalangi koneksi antara pengirim dan penerima data. Semua data yang masuk melalui satu port akan diteruskan ke seluruh jaringan melalui port lain. Apabila server proxy memblokir akses langsung antara dua jaringan, maka hacker akan lebih sulit mendapatkan alamat internal dan detail jaringan pribadi.

Beberapa server proxy bisa sekelompok aplikasi atau server yang memblokir layanan internet umum. Contohnya, proxy HTTP memotong akses web sedangkan proxy SMTP memotong akses terhadap email. Server proxy menggunakan skema pengalamatan jaringan untuk menyajikan satu alamat IP milik organisasi ke internet. Lalu semua request user diantar ke internet lalu responnya dikembalikan ke user tersebut.

Selain membatasi akses dari luar, bisa mencegah user dari jangkauan website tertentu. Bukan cuma itu, server proxy dimanfaatkan sebagai salah satu komponen firewall dan melakukan cache untuk halaman web. Setiap user mengakses URL, salinan sementara akan disimpan secara lokal sehingga proxy website bisa diakses lebih cepat saat dibuka kembali.

Cara Kerja Proxy

Setiap komputer yang menggunakan internet memerlukan IP address. IP address bisa membantu proxy mengetahui ke mana data akan dikirim. Ketika kalian melakukan request atau permintaan berupa pencarian di Google atau mengakses sebuah website, server proxy akan mengirimkan permintaan ini ke server website, mengambil respon dari server website, dan mengantarkannya ke tampilan browser-mu.

Ketika server proxy meneruskan permintaan kalian, proxy bisa mengubah alamat IP milik kalian, sehingga server website tidak mengetahui persis lokasimu mengakses data. Data kalian bisa terenkripsi dan tidak bisa dibaca saat melakukan transit. Server proxy juga bisa memblokir akses ke halaman website tertentu berdasarkan alamat IP, seperti akses ke website yang dilarang oleh pemerintah.

Fungsi Proxy

1. Mengontrol penggunaan internet karyawan dan anak-anak.

Ada beberapa organisasi atau perusahaan yang melarang karyawannya untuk membuka beberapa website dengan tujuan tertentu. Selain itu, orang tua juga sering memanfaatkan proxy untuk memonitor aktivitas internet anak-anaknya  yang masih di bawah umur.

2. Menyimpan bandwidth dan meningkatkan kecepatan

Salah satu manfaat proxy adalah kemamupuannya untuk menyimpan cache. Jadi, ketika kalian ingin mengakses data dari website yang pernah dikunjungi sebelumnya, proxy cuma perlu mengakses dari penyimpanan sehingga dapat meningkatkan kecepatan website.\

3. Privacy yang terjaga

Individu dan organisasi yang menggunakan proxy biasanya bisa lebih menjaga kerahasiaan data pribadi mereka. Karena proxy bisa mengubah alamat IP dan informasi pribadi lainnya sehingga server website tidak bisa mengakses data user.

4. Keamanan yang lebih baik

Selain kerahasiaan data, kalian juga bisa memanfaatkan pengaturan proxy untuk meningkatkan keamanan, misalnya merahasiakan data transaksi atau mencegah akses ke situs malware. Organisasi juga bisa menggabungkan server proxy mereka dengan Virtual Private Network (VPN) sehingga pengguna jarak jauh selalu mengakses internet melalui proxy kantor.

5. Akses ke resources yang diblokir

Server proxy memungkinkan user untuk mengakses konten yang diblokir, misalnya akses ke website negara lain. Server proxy membuat kalian seakan-akan mengakses website dari belahan dunia lain, padahal sebenarnya mah kalian ada di Indonesia. Beberapa pemerintah di seluruh dunia memantau dan membatasi akses ke internet dan server proxy menawarkan akses ke internet tanpa sensor kepada para user.

6. Risiko Menggunakan Proxy

Tidak semua layanan proxy gratis itu aman. Meskipun gratis, tetapi tidak semua layanan proxy aman. Kebanyakan layanan proxy gratis tidak memiliki enkripsi atau backend hardware yang aman. Kinerjanya tidak akan sebagus layanan berbayar dan layanan proxy gratis tanpa enkripsi mungkin memiliki isu keamanan. Kalo kalian menemukan layanan proxy yang benar-benar gratis,tetaplah berhati-hati.

7. Log sejarah pencarian (browsing history)

Proxy yang kalian pakai memiliki alamat IP asli dan informasi request-mu. Silahkan kalian cek, apakah server proxy yang kalian pakai menyimpan browsing history dan jangan lupa untuk tetap mengecek kembali syarat dan ketentuan serta keamanan data, jangan sampai datamu nanti dijual ke pihak ketiga.
Ada proxy yang tidak dienskripsi.

Apabila server proxy tidak terenkripsi, kalian sudah mengirim permintaan dalam bentuk plain text. Semua orang bisa mengakses username, password, lokasi, bahkan informasi akun kalian dengan mudah. Jadi pastikan bahwa layanan proxy yang kalian gunakan sudah dienskripsi ya.

Jenis-jenis Proxy

Transparent proxy

Jenis proxy ini akan memberi tahu situs web bahwa dirinya adalah server proxy dan mengirimkan IP address kalian sehingga permintaan akses kalian akan diproses. Bisnis, perpustakaan umum, dan sekolah sering memakai proxy ini untuk memfilter konten, karena lebih gampang untuk menyiapkan data dari sisi klien dan server.

Anonymous proxy

Anonymous proxy akan mengidentifikasi dirinya sebagai proxy, tetapi tidak akan meneruskan alamat IP milik kalian ke situs web. Hal ini bisa membantu kalian menjaga keamanan dan kerahasiaan datamu. Contohnya, saat CNN.com tahu kalian berada di Jakarta, maka mereka akan menampilkan berita yang menurut mereka relevan dengan Jakarta. Tapi hal ini bisa diminimalisasi jika kalian menggunakan anonymous proxy.

Distorting proxy

Distorting proxy bisa memalsukan alamat IP saat mengidentifikasi dirinya sebagai proxy. Fungsinya mirip seperti anonymous proxy, tetapi dengan mengirimkan alamat IP palsu, kamu bisa mengubah lokasi akses kalian beda dengan lokasi aslinya. Jadi kalian bisa  mengakses konten yang diblokir.

High anonymity proxy

High anonymity proxy secara berkala mengubah alamat IP yang mereka berikan ke server web sehingga sangat sulit untuk melacak lalu lintas apa yang dilakukan oleh siapa. Proxy ini merupakan salah satu proxy paling anonim dan aman untuk mengakses hampir semua konten di internet.

Penutup

Jangan lupa untuk tetap memerhatikan keamanan kalian ketika berjelajah di internet, ya! Gunakan server proxy seperlunya sesuai fungsi. Jangan sampai menjadi pihak tak bertanggung jawab. Semoga bermanfaat!