Perbedaan Teknik Informatika Dan Sistem Informasi

Perbedaan Teknik Informatika Dan Sistem Informasi
Perbedaan Teknik Informatika Dan Sistem Informasi

Perbedaan Teknik Informatika Dan Sistem Informasi - Hallo sahabat ruangcoder, pada perkembangan zaman di era ini menuntut setiap lini kehidupan melibatkan teknologi salah satunya yaitu komputer. Untuk itu, maka dibangun segala macam kompetensi yang mampu menghasilkan lulusan dengan kompetensi teknologi. Salah satunya adalah jurusan teknik informatika dan juga sistem informasi.

Dan banyak juga orang yang mengira jika kedua jurusan ini adalah rumpun yang sama. Padahal, terdapat sejumlah perbedaan pada jurusan teknik informatika dan juga sistem informasi. Perbedaan inilah yang harus diketahui untuk orang agar tak salah dalam memilih jurusan kuliah.

Perbedaan Dalam  Jurusan TI Dengan SI Yang Harus Kalian ketahui

Terdapat beberapa perbedaan jurusan dari teknik informatika dan juga sistem informasi yang paling mendasar. Sehingga tak lagi ada istilah salah jurusan karena menganggap dua jurusan ini sama. Berikut daftar perbedaannya yang saya rangkum agar kalian tak keliru saat memilihnya.
  1. Konsentrasi Jurusan

    Perbedaan pertama diantara jurusan teknik informatika dan jugasistem informasi ialah dalam hal konsentrasi jurusan. Keduanya jelas berbeda karena teknik informatika memiliki konsentrasi terhadap sebuah pengembangan perangkat lunak dan aplikasi. Sehingga para mahasiswa/i dituntut untuk memiliki kemampuan dan kualifikasi dalam hal algoritma dan jugakomputasi. Di sisi lain, pada jurusan sistem informasi memiliki konsentrasi dalam bidang pengembangan sistem informasi. Sehingga mahasiswa/i-nya hanya dituntut untuk kompeten dalam bidang perancangan, pengembangan, hingga penerapan suatu informasi.
  2. Mata Pelajaran

    Teknik Informatika Sistem Informasi

    Perbedaan selanjutnya ialah yang paling mendasar adalah dalam hal mata kuliah. Hal ini disebabkan karena konsentrasinya yang tentu berbeda. Teknik informatika lebih menitik beratkan pada masalah teknis layaknya perhitungan, pengembangan aplikasi dan bahasa pemrograman. Sedangkan untuk sistem informasi sendiri lebih ditekankan pada pengembangan sebuah sistem manajemen. Meskipun tak menutup kemungkinan untuk belajar juga mengenai bahasa pemrograman.
  3. Gelar Yang Tersemat

    Hal yang paling mendasar ialah dalam membedakan antara teknik informatika dengan sistem informatika adalah gelarnya. Lulusan dari teknik informatika otomatis akan mendapatkan gelar S.T yang berarti adalah sarjana teknik atau S.T.I sarjana teknologi informasi. Dan sedangkan untuk lulusan jurusan sistem informatika akan mendapatkan gelar S.SI atau sarjana sistem informasi. Namun, terkadang ada juga dari beberapa kampus yang masih memberikan gelar kepada lulusan teknik informatika dengan sebuah gelar S.Kom (sarjana komputer).
  4. Kompetensi Lulusan

    Konsentrasi yang tentu berbeda juga akan menghasilkan kompetensi berbeda pula antara masing-masing suatu jurusan. Untuk teknik informatika ini sendiri lebih ditekankan pada keahlian pembuatan aplikasi, pembuatan sistem operasi, dan juga pengembangan perangkat lunak. Namun, untuk lulusan dari jurusan sistem informatika diharapkan memiliki keahlian dalam urusan pemrograman, pengembangan sistem informasi, dan juga pengelolaan database.
  5. Ranah Pekerjaan

    Meskipun sering disamakan, diantara keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan dalam ranah pekerjaan. Lulusan dari jurusan teknik informatika akan lebih diberikan pekerjaan layaknya pembuatan sebuah aplikasi, pemrograman, pengembangan aplikasi, hingga pembuatan intelligence. Sedangkan untuk lulusan dari jurusan sistem informasi lebih dibebankan pada implementasi suatu sistem, maintenance sistem, dan juga pengembangan sistem. Sehingga keduanya ini memiliki ranah pekerjaan yang berbeda meskipun masih dalam satu rumpun bidang yang sama.

Penutup

Sekian tentang perbedaan dari jurusan teknik informatika dan sistem informasi yang paling mendasar. Harapannya dengan mengetahui tentang perbedaan kedua jurusan ini maka tak ada lagi istilah salah ambil jurusan. Jika menginginkan menjadi seorang programmer maka kalian bisa memilih teknik informatika. Namun sebalijnya, jika menginginkan mempelajari sistem maka kalian bisa memilih sistem informasi sebagai jurusan kuliahnya. Semoga bermanfaat pembahasan kali ini, Terimakasih