Apa itu Web Service?

Apa itu Web Service?
Apa itu Web Service?

Apa itu Web Service? -  Melalui artikel ini saya akan menjelaskan Pengertian Web Service dan juga memberikan Contoh Web Service, tidak lupa dengan Manfaat Web Service. Konsep Web Service diusulkan pertama kali oleh “Hewlett-Packard e-Speak” pada tahun 1999 sebagai penyedia layanan internet. Lalu Microsoft memperkenalkan layanan ini setahun setelahnya. Untuk mengetahui leboh lanjutnya mengenai Web Service silahkan baca artikel di bawah ini.

Pengertian Web Service

Web Sevive
Web Service

Pengertian Web Service

Web Service adalah aplikasi yang berisi sekumpulan basis data (database) dan perangkat lunak (software) atau bagian dari program perangkat lunak yang diakses secara remote oleh piranti dengan perantara tertentu. Melalui web service, memungkinkan pengguna untuk mengatasi permasalahan berupa interoperability dan mengintegrasikan sistem berbeda.

Pada umumnya, web service memiliki ciri khusus seperti URL layaknya web. Perbedaannya adalah interaksi yang diberikan oleh web service itu sendiri. URL pada web service hanya mengandung sekumpulan informasi, perintah, dan konfigurasi (sintaks yang berfungsi untuk membangun fungsi tertentu dari aplikasi).

Web Service bisa menukar data tanpa memandang sumber database, bahasa yang digunakan, dan pada platform apa data tersebut dikonsumsi. Kemampuan tersebut yang memungkinkan web service menjadi jembatan penghubung untuk berbagai sistem.

Manfaat Web Service 

  1. Interoperabilitas

  2. Web Service akan memberikan layanan berupa koneksi antar aplikasi untuk berbicara, dan berbagi data dan layanan. Aplikasi lainnya bisa memakai layanan web, seperti VB atau .NET yang dapat berbicara ke layanan web Java, sebaliknya. Biasanya dipakai untuk membuat sebuah platform aplikasi dan teknologi independen. Interoperabilitas memiliki definisi berupa kapabilitas dari sebuah sistem yang antar mukanya diungkapkan sepenuhnya. Untuk berinteraksi, dan berguna dengan produk atau sistem lain. 

  3. Protokol Standar

  4. Web service merupakan sebuah layanan web yang mempunyai standar industri dan komunikasi. Layanan transportasi, pesan XML, Deskripsi Layanan, dan Service Discovery Layer telah memakaai protokol yang didefinisikan secara baik oleh protocol stack layanan web. Standarisasi protocol stack memberikan keuntungan yaitu mengurangi biaya karena kompetisi dan meningkatkan kualitas suatu bisnis.

  5. Komunikasi Biaya Rendah

  6. Web services yang memakai mekanisme SOAP pada protokolnya di HTTP, akan memberikan efek penggunaan internet murah. Selain SOAP, web services diterapkan dalam mekanisme reliable transport seperti FTP.

  7. Memperlihatkan Fungsi pada Jaringan

  8. Web service memungkinkan unit kode yang dikelola bisa digunakan secara remote dalam memanggil HTTP. Sistem itu bisa diaktifkan dengan cara melakukan request melalui HTTP. Web services juga memungkinkan user untuk mengekspos suatu kode yang ada melalui jaringan.

Contoh web service 

Contohnya ketika user ingin mengetikkan alamat URL dari website untuk melakukan request pada layanan yang tersedia dari website tersebut. Lalu sampailah permintaan tersebut ke server yang akan dituju. Sesegera mungkin server akan memberikan respon yang bisa disajikan menjadi laman web. Nah itulah hubungan antara client dan server yang pada umumnya terjadi di sebuah website. 

Sedangkan pada web service, hubungan antara client dan server dijembatani oleh berkas web service dengan format tertentu. Sehingga akses database tidak akan ditangani langsung ke server, tetapi melewati perantara web service terlebih dahulu.

Keamanan Web Service

Keamanan Web service menjadi sebuah keunikan, dikarenakan interaksi yang terjadi pada Web service merupakan interaksi antara program dan program. Keamanan ini merupakan keamanan seperti pengontrolan akses, autentikasi, keamanan data, dan privasi. 

Skema keamanan yang paling umum yaitu SSL (Secure Sockets Layer), namun pada saat diterapkan pada teknologi Web service, akan muncul banyak keterbatasan dari SSL. Maka dari itu, teknologi dalam Web service sudah mulai bergerak menuju skema keamanan yang XML-based. Seperti XML Encryption, XKMS (XML Key Management Specification), SAML (Secure Assertion Markup Language), WS-Security (Web Services Security), atau ebXML Message Service.

Dalam pembuatannya, Web Service memanfaatkan protocol http. Maka web service mempunyai kerentanan sama seperti website biasa. Hal tersebut masih bisa diatasi dengan memperhatikan aspek-aspek keamanan pada saat kalian membuat web service. Aspek-aspek tersebut antara lain :
  • Authentication : memakai Public Key Infrastructure, atau active directory.
  • Authorization : membatasi hak control akses terhadap data.
  • Confidentiality : melakukan enkripsi pada isi message.
  • Data Integrity  :  menerapkan  Secure  Security Layer/SSL saat  proses komunikasi data yang terdapat di jaringan.
  • Non-Repudiation : memakai teknologi digital signature dan timestamping, juga menerapkan audit log dalam setiap transaksinya.

Penutup

Pada Umumnya, Layanan Web Service dipakai oleh organisasi besar dan kompleks, yang butuh pertukaran data. Layanan ini juga bisa menjadi pilihan kedua bagi programmer yang menginginkan proses instan, menulis sedikit kode dengan hasil yang sama seperti menulis puluhan baris kode. Sekian penjelasan dari saya tentang  Pengertian Web Service,  Contoh Web Sevive, dan Manfaat Web ServiceKonsep Web Service. Semoga Bermanfaat!