Cara Membuat Google Form untuk Kuesioner

Cara Membuat Google Form untuk Kuesioner
Cara Membuat Google Form untuk Kuesioner

Cara Membuat Google Form untuk Kuesioner - Akademisi atau lembaga survey tentu saja sudah tidak asing lagi dengan kuesioner, kuesioner merupakan sebuah alat untuk riset yang meliputi serangkaian pertanyaan beserta jawaban (opsional). Pertanyaan nya akan ditujukan kepada target tertentu untuk mendapatkan hasil jawaban sesuai data yang diinginkan oleh pembuatnya. Kuesioner tidak jauh beda dengan wawancara, bedanya hanya saja menggunakan tulisan.

Data yang diperoleh oleh responden, nantinya bisa diolah dan disimpulkan sesuai dengan fakta yang ada. Selain sering digunakan oleh akademisi maupun surveyor, kuesioner ini dipakai juga oleh pebisnis online loh. Melalui kuesioner, mereka bisa dengan mudah mendapatkan data bermanfaat dari pembeli untuk kemudian diolah menjadi informasi bermanfaat untuk bisnis.

Google Form

Google Form adalah layanan dari Google Doc yang bisa digunakan untuk membuat formulir atau kuisioner secara online. Untuk membuatnya, pastikan bahwa kalian sudah memiliki akun Gmail terlebih dahulu. Untuk cara membuat nya, silahkan simak cara di bawah ini. 

Cara Membuat Google Form untuk Kuesioner

Pertama yang harus kalian lakukan adalah membuka web browser kalian dan kunjungi https://docs.google.com/forms kemudian ikutilah langkah-langkah di bawah ini :
  1. Pilih Template

  2. Pada laman tersebut, kalian akan disuguhkan beberapa pilihan template. Jika template yang tersedia tidak ada yang sesuai dengan pilihan kalian, maka bisa memilih “empty” dengan cara klik tanda “+”.



  3. Beri Judul dan Deskripsi

  4. Setelah kalian pilih template blank, saatnya memberi judul form. Terdapat kolom “Untitled Form”, klik kolom tersebut dan tulis judul dari form yang akan kalian dibuat. Di bawah judul terdapat kolom “Form description”, pada kolom ini tulislah deskripsi yang jelas mengenai form, sehingga orang-orang mudah memahami tujuan form tersebut.



  5. Buat Pertanyaan

  6. Klik “Untitled question” dan ketikkan pertanyaan sesuai dengan apa yang ingin diajukan. Untuk mengubah jenis bidang pertanyaan, kalian klik panah ke bawah (kotak drop down) yang akan menampilkan pilihan seperti short answer, multiple choice, paragraph, dan lainnya.





    Tulis opsi jawaban sesuai pertanyaan yang dibuat dan jika perlu  tambahkan opsi jawaban (jika berlaku pada jenis pertanyaan yang dipilih). Jika kalian memerlukan gambar untuk pertanyaan dan jawaban, klik ikon “gambar” untuk upload gambar.



    Untuk menentukan apakah responden wajib menjawab pertanyaan, klik “Mandatory”. Untuk menambah pertanyaan baru, pilih “Add Question” atau klik ikon “+” pada sidebar kanan. Untuk menambah salianan pertanyaan yang ada, pilih “Duplicate”.

    Selain itu, pada sidebar kanan terdapat ikon teks, foto, atau video untuk menambahkan media ke formulir. Untuk melihat preview tampilan form, klik “Preview/Pratinjau” di kanan atas. Jangan khawatir, Semua perubahan pada form akan tersimpan secara otomatis di Google Drive.



  7. Kirim Form

  8. Setelah sudah selesai dan lengkap pertanyaannya, kalian tinggal mengirimkan form tersebut. Form bisa dikirim menggunakan email secara langsung atau menyalin link Google Form yang sudah kalian buat. Caranya adalah :
  • Email 
    Pertama, klik “Send” pada bagian kanan atas.



    Lalu akan diberikan pilihan untuk mengirim form dengan menggunakan email. Tuliskan alamat email yang dituju dan klik “include form in email”. Lalu bisa langsung klik “Send” di kanan bawah.


  • Copy Paste link 
    Klik simbol seperti “peniti”, kemudian muncul link yang bisa disalin. Jika link terlalu panjang, klik “Shorten URL” untuk memperpendek link. Setelah itu, copy link yang sudah tersedia dan kalian tinggal sebarkan link tersebut. 

Cara Melihat Respon / Hasil Survei

Bukalah form yang sebelumnya sudah kalian buat tadi. Pada halaman form tersebut ada tab “Questions” dan tab “Responses”. Klik tab “Responses” untuk melihat yang sudah mengisi form tersebut.
 
 
Kemudian akan ditampilkan berapa jumlah yang telah mengisi form, lengkap dengan jawaban yang telah diisi. Pada hasil “Summary”, akan diberikan rangkuman dari keseluruhan jawaban dari responden. Sedangkan kalo hasil “Individual”, akan ditampilkan jawaban detail dari responden. Hasil respon Google Form tersebut juga bisa kalian ekspor ke file Spreadsheet.

Penutup

Itulah Cara Membuat Google Form untuk Kuesioner. Untuk membuatnya, hanya perlu koneksi internet dan laptop atau smartphone. Sangat mudah bukan caranya? Sekarang kalian tidak perlu bingung lagi untuk membuatnya. Semoga bermanfaat!