Cara Mengatasi Waktu dan Tanggal Whatsapp Tidak Akurat

Cara Mengatasi Waktu dan Tanggal Whatsapp Tidak Akurat
Cara Mengatasi Waktu dan Tanggal Whatsapp Tidak Akurat

Cara Mengatasi Waktu dan Tanggal Whatsapp Tidak Akurat - Masalah yang ada di WhatsApp seringkali bisa diatasi, sama hal nya seperti masalah Waktu dan Tanggal WhatsApp yang Tidak Akurat. Jika kalian menemukan sebuah pesan yang muncul ketika kalian membuka Aplikasi WhatsApp kalian dengan kalimat Tanggal pada ponsel Anda tidak akuratatau dalam bahasa Inggris "Your phone date is inaccurate". Artikel ini cocok untuk kalian yang sedang mengalami hal tersebut.

Penyebab Tanggal WhatsApp yang Tidak Akurat

Umumnya, hal ini disebabkan karena informasi waktu dan tanggal pada perangkat kalian tidak di atur dengan benar, tetapi ada beberapa faktor lainnya yang menjadi Penyebab Tanggal WhatsApp Tidak Akurat seperti di bawah ini :
  • WhatsApp Update: WhatsApp yang kalian pakai sudah kadaluarsa, karena belum diupdate.
  • Setting waktu yang salah: Mungkin kalian pernah atau tidak sengaja mengatur tanggal waktu kalian ke zona yang salah.
  • Setting waktu HP berubah ke manual: Saat setting waktu HP berubah ke manual, hal ini memungkinkan pengaturan waktu menjadi tidak akurat. Biasanya terjadi saat kartu SIM dilepas dari HP.
Semua ponsel mempunyai fitur mendeteksi tanggal dan waktu secara otomatis dengan cara memasukkan kartu SIM yang valid. Selain itu, kalian juga bisa mengaturnya secara manual dengan memilih zona waktu yang tepat, yaitu GMT+7.

Nah, walau penyebabnya ternyata tidak rumit, tapi tentu saja ada sebagian orang yang belum paham bagaimana cara mengatasinya. Terutama untuk yang masih awam soal HP Android. Dan pada atrikel berikut ini, saya akan membahas bagaimana Cara Mengatasi Waktu dan Tanggal Whatsapp tidak Akurat di HP kalian.

Cara Mengatasi Waktu dan Tanggal WhatsApp Tidak Akurat

1. Perbaharui  / Update Aplikasi WhatsApp

Langkah pertama yang harus kalian coba adalah dengan Memperbarui Aplikasi WhatsApp kalian masing-masing. Setiap beberapa waktu sekali, WhatsApp selalu merilis update untuk perbaikan atau penambahan fitur-fitur baru. Dan kalian wajib untuk memperbarui aplikasi WA kalian. 

Cara Memperbaharui / Update Aplikasi WhatsApp :

  1. Buka Google Playstore.
  2. Ketikkan WhatsApp.
  3. Kemudian klik Update.
  4. Maka WhatsApp akan terupdate.
  5. Karena setelah beberapa versi tetapi kalian masih belum memperbarui WhatsApp kalian, maka biasanya akan muncul masalah Tanggal Error pada WhatsApp.

2. Atur Ulang Tanggal HP Kalian

Tanggal dan waktu HP, biasanya akan tersetel secara otomatis mengikuti setelan dari provider ketika kartu SIM dimasukkan. Terkadang setting waktu pada HP bisa saja salah disebabkan oleh:
  • Karena salah setting seperti yang saya sebutkan tadi
  • Atau karena kartu SIM yang dilepas, sehingga harus diatur secara manual.

Cara Mengatur Ulang Waktu dan Tanggal di HP :

  1. Buka Setelan HP kalian.
  2. Masuk ke Tanggal dan Waktu.
  3. Lalu centang opsi “Tanggal & Waktu Otomatis” dan “Zona Waktu Otomatis
  4. Simpan pengaturannya

3. Clear Data Whatsapp

Opsi Clear Data ini sangat ampuh untuk mengatasi berbagai Whatsapp. Termasuk masalah tanggal yang tidak akurat, kalian juga bisa menerapkan langkah ini. 

Cara Clear Data Aplikasi WhatsApp :

  1. Buka Setelan.
  2. Kemudian masuk ke menu Aplikasi
  3. Cari aplikasi WhatsApp
  4. Kemudian ketuk tombol Hapus Data
  5. Ketuk juga tombol Hapus Cache.
Pastikan nomor HP yang kalian pakai untuk login WA tidak hilang dan masih aktif. Karena nanti diharuskan untuk login ulang. Cadangkan juga riwayat chat dan data penting lainnya, agar tidak hilang saat kalian menekan tombol Hapus Data.

4. Periksa Koneksi Internet

Koneksi internter yang tidak stabil bisa jadi menjadi penyebabnya. Karena Server WhatsApp tidak bisa menyinkronisasi waktu dengan yang ada di perangkat akibat jaringan internet yang kurang stabil. Jadi, coba kalian cek apakah koneksi internet di HP kalian lancar dan tersedia untuk digunakan.

5. Install Ulang Whatsapp

Berbeda dengan cara menghapus data, melakukan Install Ulang Whatsapp pada Andrid akan mengganti seluruh data Whatsapp dengan yang baru, tapi cara ini akan sekaligus memperbaruinya ke versi terbaru. Jika kalian sudah mencoba semua cara sebelumnya, namun belum berhasil juga, maka cobalah cara ini.

Cara Instal Ulang WhatsApp di Android

  1. Buka Setelan HP kalian.
  2. Cari menu Aplikasi.
  3. Kemudian cari Aplikasi WhatsApp.
  4. Selanjutnya ketuk tombol Hapus Aplikasi.
  5. Kalau sudah, silakan buka Playstore .
  6. Install kembali WhatsApp di Playstore.
Jika kalian melakukan Instal Ulang Whatsapp, maka akan membuat akun WhatsApp kalian menjadi keluar (logout). Pastikan kalain masih memiliki nomor HP dari akun kalian

Penutup

Itulah beberapa cara yang kalian bisa lakukan jika kalian mengalami Waktu dan Tanggal Whatsapp Tidak Akurat. Sampai disini artikel kali ini, semoga cara-cara diatas bisa berfungsi dan bermanfaat bagi kalian semua, Selamat Mencoba!