Cara Mengganti Favicon Blogger

Mengganti Favicon di Blogger
Mengganti Favicon di Blogger

Cara Mengganti Favicon Blogspot - Artikel kali ini tentang Cara Mengganti atau Menggubah Favicon / Icon di Blogger atau Blogspot. Dimana google telah meluncurkan tampilan terbaru untuk platform blogger. Dan menurut informasi antarmuka blogger baru tersebut akan diterapkan secara otomatis terhadap semua akun Blogger. Meskipun demikian, kalian yang cukup asing dan kurang nyaman dengan tampilan Blogger yang baru dimana kalian yang sudah terbiasa dengan tampilan lama. namun dengan update nya tampilan dan juga fitur juga membantu kalian dalam menulis artikel, menurut saya sendiri cukup membantu, memang awalnya pun saya juga agak bingung fitur - fiturnya, lama kelamaan akan terbiasa sendirinya.

Apa itu Favicon?

Dikutip dari Wikipedia "Favicon adalah ikon utama yang muncul pada address bar suatu laman web dan merupakan logo dari laman web tersebut; juga dikenal sebagai shortcut icon, website icon, URL icon, atau bookmark icon"

Cara Mengganti Favicon Blogger 2020

Sebenarnya dalam mengganti favicon / icon / logo pada blogger kalian cukup mudah. Hanya saja pada tampilan blogger yang baru beberapa pengguna agak kebingungan karena yang memang letaknya tidak sama seperti pada Blogger versi klasik atau lama. Karena masalah inilah saya sendiri mencoba membahasnya pada artikel kali ini. 
Namun, sebelum kalian lanjut ke cara mengganti favicon blogger, sebaiknya kalian ketahui dulu apa saja syarat dan ketentuan yang perlu diperhatikan, yakni yang diantaranya adalah :
  • Favicon harus dalam format gambar yang terdiri dari PNG, JPG, ICO, ataupun GIF. 
  • Ukuran favicon tidak boleh lebih dari 100kb.
  • Bentuk favicon yang harus persegi (square) dengan rasio yang sama. Sebagai contoh, ukuran defaultnya adalah 16x16 pixel. 
  • Agar pada favicon backgroundnya transparan, maka disarankan untuk menggunakan format PNG atau GIF (favicon bergerak).
Kalau beberapa syarat dan ketentuan di atas yang sudah saya jelaskan kalian sudah paham, sekarang lanjut ke langkah-langkah untuk mengganti favicon di blogger pribadi kalian. Adapun langkah - langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. Langkah yang pertama kalian kunjungi situ Blogger dan login dengan menggunakan akun pribadi kalian. 
  2. Pada blog yang ingin kalian ubah faviconnya, selanjutnya kalian klik pada menu Setelan atau Settings yang ada di sisi kiri tampilan blogger kalian. 
  3. Di bagian bawah opsi untuk menambahkan ID Properti Google Analytics, di sana ada opsi untuk mengganti Favicon. 

  4. Cara Mengganti Favicon Blogger

  5. Klik pada opsi Favicon tersebut, maka kalian akan dibawa ke halaman baru untuk menambahkan favicon blog kalian. 
  6. Selanjutnya kalian klik tombol Pilih File, kemudian cari file favicon yang sebelumnya sudah kalian persiapkan. Jika sudah ketemu, lanjut dengan klik Open
  7. Langsung terapkan favicon tersebut di blog dengan cara kalian klik tombol Simpan
    Selesai. 

Cara Membuat Favicon

Dalam Membuat Favicon Blogger maupun Wordpress atau Web Native sekalipun sama mudahnya seperti kalian membuat logo untuk blog. Di sini kalian bisa memanfaatkan software khusus untuk editing logo agar lebih mudah untuk membuatnya. Kebetulan di sini saya menggunakan software Adobe Photoshop 2020 untuk pembuatan logo dan favicon blog ruangcoder.

Mungkin agak susah bagi kalian untuk membuat logo dan favicon blog dengan software Adobe Photoshop. Apalagi kalian yang belum terbiasa, lain ceritanya jika kalian sudah terbiasa tanpa membaca artikel lanjutan ini kalian pasti sudah membuatnya, Adapun ini langkah-langkah membuat logo dan favicon blog dengan Adobe Photoshop CS :
  1. Pada langkah pertama, Silahkan kalian buka Adobe Photoshop disini saya menggunakan Versi 2020, kemudian kalian klik Create New atau bisa dengan kombinasi CTRL + N
  2. Kemudian kalian pilih jenisnya Pixels, dan Isi Width dan Height 100x100 kemudian kalian klik OK.

  3. Cara Membuat Favicon

  4. Kalian Perbesar Terlebih dahulu, dengan cara mengkombinasikan CTRL + +
  5. Kemudian kalian pilih Ellipse Tool, kemudian kalian buat lingkarannya terlebih dahulu, bebas sih mau make Ellipse Tools untuk lingkaran, dan Rectangle Tool untuk Square ( Kotak ), bebas sesuka kalian
  6. Kemudian Kalian pilih Horizontal Type Tool (T) untuk inisial web kalian, disini saya simple aja karena contoh, saya menggunakan inisial RC singkatan dari Ruang Coder



  7. Kalau sudah, sekarang kalian simpan favicon tersebut dengan cara kalian klik Ctrl + S
  8. Jangan lupa ubah format file menjadi PNG agar background favicon jadi transparan nantinya. Dan kalian beri pula nama favicon sesuai keinginan. Kalau sudah, klik tombol Save atau Simpan. 
Sekarang kalian sudah berhasil membuat favicon blog menggunakan software Adobe Photoshop. Kalian bisa langsung menggunakannya untuk blog pribadi atau web native bahkan wordpress kalian. Cara mengubahnya seperti yang sudah saya dijelaskan di atas. Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk kalian semuanya.