Cara Menyembunyikan Aplikasi di Berbagai Tipe Ponsel

Cara Menyembunyikan Aplikasi
Cara Menyembunyikan Aplikasi

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Berbagai Tipe Ponsel
- Cara menyembunyikan aplikasi di ponsel berbagai tipe ponsel atau hp, baik itu iphone, ipad, xiaomi, samsung, realme, oppo, vivo, infinix, mungkin yang kalian butuhkan untuk sejumlah keperluan. Kalian mungkin perlu menyembunyikan aplikasi tertentu untuk menjaga keamanan informasi pribadi kalian. Sejumlah aplikasi penting seperti aplikasi perbankan, dompet elektronik, serta catatan pribadi perlu memiliki fitur keamanan sendiri.

Cara menyembunyikan aplikasi ini juga sangat berguna saat ponsel kalian hilang atau jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab. Cara menyembunyikan aplikasi ini akan melindungi aplikasi penting kalian agar nantinya tak mudah dibuka oleh orang lain.

Selain itu, dalam cara menyembunyikan aplikasi juga penting untuk melindungi privasi pribadi kalian yang berkaitan dengan komunikasi seperti contohnya email, pesan singkat, atau WhatsApp. Sejumlah orang belum mengetahui tentang bagaimana cara menyembunyikan aplikasi di ponselnya.

Padahal sejumlah ponsel yang memiliki pengaturan bawaan untuk menyembunyikan suatu aplikasinya. Tak cuma itu, dimana tentang cara menyembunyikan aplikasi juga bisa kalian lakukan dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bebas untuk diunduh dan dipasang.

Adapun Cara Menyembunyikan Aplikasi di Berbagai Tipe Ponsel :

Cara Menyembunyikan Aplikasi pada HP Samsung

Cara Menyembunyikan Aplikasi pada HP Samsung
Cara Menyembunyikan Aplikasi pada HP Samsung

Bagi kalian para pengguna Samsung dengan One UI Launcher, kalian bisa menyembunyikan aplikasi kalian dengan fitur bawaan pada One UI.
  1. Di layar beranda, bisa kalian ketuk layar selama beberapa detik dan ketuk pada pengaturan layar Beranda (Home screen settings). Kalian juga bisa pergi ke menu pengaturan > Display > dan Home screen.
  2. Lalu kalian Gulir ke bawah dan kalian ketuk pada pilihan Sembunyikan aplikasi (Hide apps). Pilih aplikasi yang ingin kalian sembunyikan dan pilih opsi Done.

Cara Menyembunyikan Aplikasi pada HP Xiaomi

Cara Menyembunyikan Aplikasi pada HP Xiaomi
Cara Menyembunyikan Aplikasi pada HP Xiaomi

Pada ponsel kalian yang menjalankan MIUI, kalian juga bisa menyembunyikan aplikasi dengan mudah. Caranya adalah dengan mengunci aplikasi yang ingin kalian sembunyikan, adapun langkahnya sebagai berikut :
  1. Kalian buka menu Security App di aplikasi yang ingin kalian sembunyikan dan buka App Lock. 
  2. Tambahkan aplikasi yang ingin kalian sembunyikan pada App Lock. di beberapa kasus bisa kalian langsung gulir kebawah pada menu Pengaturan MIUI kalian, disana langsung ada di urutan bawah App Lock pada beberapa kasus, jadi sesuaikan dengan ponsel xiaomi kalian.

Cara Menyembunyikan Aplikasi pada iPhone dan iPad

Cara Menyembunyikan Aplikasi pada iPhone dan iPad
Cara Menyembunyikan Aplikasi pada iPhone dan iPad

Bagi kalian yang juga menggunakan Iphone dan Ipad juga tentu bisa untuk menyembunyikan aplikasi kalian, bukan hanya di android saja yang bisa, adapaun langkah nya sebagai berikut.
  1.  Pertaman kalian masuk ke Settings > General > Restrictions. Dan kalian Pilih Enable Restrictions lalu buat kata sandi sebagai pengaman. Setelah itu kalian  pilih aplikasi bawaan yang akan disembunyikan.
  2. Untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga, gulir sampa bawah dan kalian pilih Allowed Content. Pilih Apps, dan sembunyikan aplikasi berdasarkan rating yang ada. Rating ini bisa kalian lihat di App Store pada deskripsi aplikasi tersebut. Setelah selesai, aplikasi yang telah kalian pilih, secara otomatis akan disembunyikan dari layar ponsel kalian.

Cara Menyembunyikan Aplikasi pada HP Oppo

Cara Menyembunyikan Aplikasi pada HP Oppo
Cara Menyembunyikan Aplikasi pada HP Oppo

Agar cara ini bisa di ikuti dengan mudah, maka silahkan kalian ganti dulu bahasa handphone / ponsel kalian menjadi bahasa indonesia. Untuk langkah-langkahnya kalian bisa memperhatikan panduan dibawah ini. Berikut cara menyembunyikan aplikasi di hp oppo :
  1. Pertama pada hp oppo kalian buka menu pengaturan lalu pilih keamanan.
  2. Setelah itu pilih Enkripsi Aplikasi dan buat kode sandi privasi kalian.
  3. Selanjutnya kalian pilih aplikasi yang ingin di sembunyikan dan aktifkan verifikasi kode sandi.
  4. Lalu tekan lagi sembunyikan ikon layar depan dan tetapkan nomor akses kalian.
  5. Buat nomor akses kalian terlebih dahulu dengan diawali dan diakhiri dengan tanda #, pada kasus ini contoh kode akses ialah #0000# ( gunanya untuk membuka aplikasi yang disembunyikan di hp oppo kalian ).
  6. Terakhir tekan selesai.

Cara Menyembunyikan Aplikasi pada HP Vivo

Cara Menyembunyikan Aplikasi pada HP Vivo
Cara Menyembunyikan Aplikasi pada HP Vivo

Adapun untuk langkah-langkahnya kalian bisa memperhatikan panduan dibawah ini. Berikut cara menyembunyikan aplikasi di hp vivo:
  1. Pertama, Kalian dapat menyalakan smartphone Vivo terlebih dahulu tentunya.
  2. Nantinya pada homescreen ponsel kalian, Kalian dapat melakukan tap menu bezel atau tepi paling kiri ponsel kalian.
  3. Selanjutnya akan muncul sebuah menu dari bawah ke atas dan Kalian dapat memilih menu Hide icon.
  4. Setelah memilih menu tersebut maka Kalian dapat memasukkan PIN atau patern yang biasa kalian gunakan untuk mengunci smartphone.
  5. Kemudian, Kalian juga dapat melakukan tap atau pilih pada aplikasi yang akan kalian sembunyikan.
  6. Nantinya Kalian akan melihat aplikasi yang dipilih masuk ke menu Hide icon.
  7. Setelah aplikasi yang akan kalian sembunyikan telah dipilih maka tekan Encryption Settings.
  8. Pada halaman Encryption Settings ini, Kalian nantinya akan disuruh untuk memasukkan PIN untuk membuka aplikasi yang tersembunyai tersebut.
  9. Terakhir, dimana nanti secara otomatis akan hilang dari smartphone Vivo dan menjadi tersembunyi aplikasi yang telah kalian pilih sebelumnya.

Cara Menyembunyikan Aplikasi pada HP Realme

Cara Menyembunyikan Aplikasi pada HP Realme
Cara Menyembunyikan Aplikasi pada HP Realme

Dalam menyembunyikan aplikasi di hp realme ya tidak jauh berbeda dengan halnya kalian menyembunyikan di hp xiaomi, adapun langkah - langkah dalam menyembunyikan aplikasi di hp relame sebagai berikut :
  1. Masuk ke halaman Security pada menu atau aplikasi Settings HP realme kalian.
  2. Pada halaman ini, kalian buka menu App Lock dan masukkan PIN, Pattern, atau password yang telah dibuat sebelumnya.
  3. Kemudian, kalian silahkan pilih aplikasi yang akan disembunyikan.
  4. Jika aplikasi yang dipilih belum terkunci dengan fitur App Lock, maka kalian dapat aktifkan pilihan Enable Password Verification agar fitur Hide Home Screen Icons nantinya muncul.
  5. Setelah memilih Hide Home Screen Icons, maka kalian akan diminta untuk memasukkan kode akses untuk membuka aplikasi yang disembunyikan nantinya.
  6. Kode akses ini berupa kode #[angka]#. Misalnya saja contohnya #1234#
  7. Setelah kode akses ini sudah kalian atur, maka sistem akan memberitahukan bahwa kodenya dapat dimasukkan di aplikasi Ponsel agar kalian bisa membuka aplikasi yang kalian sembunyikan.
  8. Kemudian, kalian tekan tombol Done dan menuju homescreen.
  9. Apabila kalian berhasil, maka aplikasi kalian tersebut akan hilang dari homescreen HP realme kalian.
  10. Untuk bisa melihat dan membuka aplikasinya, kalian dapat memasukkan kode akses #[angka]# di aplikasi Phone atau Telepon. Menurut mimin pribadi, fitur ini sangat menarik karena hanya orang yang mengetahui kode akses saja yang dapat membuka aplikasi tersembunyi kalian.
  11. Namun apabila kalian sudah merasa bahwa tidak perlu menyembunyikan aplikasinya lagi, maka kalian dapat kembali ke menu App Lock yang berada aplikasi Settings untuk langsung mematikan fitur hidenya. 

Cara Menyembunyikan Aplikasi pada HP Infinix

Cara Menyembunyikan Aplikasi pada HP Infinix
Cara Menyembunyikan Aplikasi pada HP Infinix

Infinix juga tidak mau kalah dengan produsen Ponsel yang lain, mereka juga membekali bermacam - macam fitur yang akan memanjakan para penggunanya. Salah satu yaitu fitur jagoannya adalah Sembunyikan Aplikasi.

Adapaun caranya cukup muda, langkah - langkah dalam menyembunyikan aplikasi di hp infinix sebagai berikut :
  1. Tekan layar beranda Infinix kalian beberapa saat.
  2. Kalian Pilih sembunyikan aplikasi.
  3. Kalian Tap icon + (lainya).
  4. Pilih Aplikasi atau Game yang akan kalian sembunyikan.
  5. Beri tanda centang pada aplikasi kalian tersebut.
  6. Otomatis ikon aplikasinya akan hilang dari beranda.
  7. Untuk membuka aplikasi dan game yang sudah kalian sembunyikan Kalian tinggal tekan lama layarnya nanti akan muncul aplikasi sudah Kalian sembunyikan.
  8. Apabila Kalian ingin menampilkan kembali aplikasi atau game yang kalian sembunyikan, Kalian cukup hilangkan tanda centang hijau, maka aplikasi nanti akan muncul lagi di beranda.

Nah itulah tentang 7 Cara Menyembunyikan Aplikasi di Berbagai Tipe Ponsel yang tentunya mudah untuk kalian terapkan di ponsel yang kalian gunakan, semoga bermanfaat rangkuman artikel yang saya buat, dan Terimakasih.