Soal Essay UAS/PAS PAI Kelas 10 Semester 2

Soal Essay UAS/PAS PAI Kelas 10 Semester 2 lengkap jawaban
Soal Essay UAS/PAS PAI Kelas 10 Semester 2 Lengkap Jawaban

Soal Essay UAS/PAS PAI Kelas 10 Semester 2 Lengkap dengan Jawabannya - Pada akhir semester ini sekolah-sekolah pastinya bersiap melaksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS) atau Ulangan Akhir Semester (UAS) disemua jenjang dan tingkatan, termasuk bagi para siswa SMA dan SMK dan semua jurusan. Adapun nilai hasil dari ulangan tersebut menjadi salah satu komponen dalam menentukan nilai raport untuk semester genap atau semester 2. Pada tahun ini hampir mayoritas sekolah khusunya untuk kelas SMA dan SMK menggunakan Kurikulum 2013. Oleh karena itu tentu saja Materi soal-soal PAS/UAS mengacu atau menggunakan bahan ajar kurikulum 2013.

Jika kalian sudah mempelajari Soal UAS/PAS PAI Kelas 10 Semester 2 Lengkap dengan Jawabannya, kali ini saat nya kalian untuk mempelajari Soal Essay UAS/PAS PAI Kelas 10 Semester 2 karena biasanya dalam Ujian Akhir Semester terdapat 2 jenis soal, Pilihan Ganda dan Essay.
 
Mata Pelajaran Agama dan Budi Pekerti atau PAI menjadi mata pelajaran yang akan diujikan pada para siswa. Oleh karena itu, saya ingin membagikan Contoh Soal Essay PAI Kelas 10 ini sebagai bahan latihan untuk kalian mempersiapkan diri dalam mengahadapi PAS/UAS tersebut.
 
Soal Latihan Essay UAS/PAS PAI Kelas 10 Semester 2 bisa kalian pelajari langsung pada halaman ini. Saya juga menyiapkan kunci jawabannya dibawah soal. sehingga akan lebih memudahkan para siswa atau orang tua dalam memberikan bimbingan belajar pada kalian.

SOAL URAIAN

1. Sebutkan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Madinah ?
2. Jelaskan perbedaan antara kaum Muhajirin dan kaum Anshor ?
3. Sebutkan 3 golongan penduduk di Madinah yang mengadakan perjanjian ?
4. Sebutkan penjelasan hijrah menurut arti fisik maupun non fisik ?
5. Apa tujuan Rasulullah SAW dan para pengikutnya hijrah ke kota Madinah ?

JAWABAN SOAL URAIAN

1. Berdakwah dari mulai diri sendiri: pelaksanaan dakwah sesuai dengan petunjuk Allah SWT. Dalam Qs. An-nahl 16:125, berdakwah itu wajib bagi Nabi Muhammad SAW dan seluruh umatnya. Berdakwah diniati rasa ikhlas semata-mata hanya karena Allah SWT.

2. Kaum Muhajirin merupakan para sahabat Rasulullah SAW yang berasal dari kota Mekkah dan berhijrah ke kota Madinah, kaum Anshor merupakan sahabat nabi yang memberikan pertolongan kepada kaum Muhajirin yang tiba di kota Madinah.

3. Umat Islam, kaum Yahudi (Bani Nazir, Bani Qainuqo dan Bani Quraizah) dan orang arab yang belum masuk ke dalam ajaran agama Islam.

4. Arti fisik : berpindah dari suatu negeri kafir, karena Islam selalu ditindas, dan dihalangi jalan dakwahnya. Arti non fisik : meninggalkan semua yang di murkai Allah, dan menjalankan segala perintahnya.

5. Untuk orang yang sudah masuk Islam : agar mereka mengetahui ajaran agama Islam baik yang diturunkan di Mekah atau Madinah. Untuk orang yang belum masuk Islam : agar mereka bersedia menerima agama Islam sebagai agamanya.


Selamat Belajar!