Soal Essay UAS/PAS PPKN Kelas 10 Semester 2

Soal Essay UAS/PAS PPKN Kelas 10 Semester 2 lengkap jawaban
Soal Essay UAS/PAS PPKN Kelas 10 Semester 2 lengkap jawaban

Soal Essay UAS/PAS PPKN Kelas 10 Semester 2 lengkap jawaban - Pada akhir semester ini sekolah-sekolah pastinya bersiap melaksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS) atau Ulangan Akhir Semester (UAS) disemua jenjang dan tingkatan, termasuk bagi para siswa SMA dan SMK dan semua jurusan. Adapun nilai hasil dari ulangan tersebut menjadi salah satu komponen dalam menentukan nilai raport untuk semester genap atau semester 2. Pada tahun ini hampir mayoritas sekolah khusunya untuk kelas SMA dan SMK menggunakan Kurikulum 2013. Oleh karena itu tentu saja Materi soal-soal PAS/UAS mengacu atau menggunakan bahan ajar kurikulum 2013.

Jika kalian sudah mempelajari Soal UAS/PAS PPKN Kelas 10 Semester 2 Lengkap dengan Jawabannya, kali ini saat nya kalian untuk mempelajari Soal Essay UAS/PAS PPKN Kelas 10 Semester 2 karena biasanya dalam Ujian Akhir Semester terdapat 2 jenis soal, Pilihan Ganda dan Essay.
 
PPKN menjadi mata pelajaran yang akan diujikan pada para siswa. Oleh karena itu, saya ingin membagikan Contoh Soal Essay PPKN Kelas 10 ini sebagai bahan latihan untuk kalian mempersiapkan diri dalam mengahadapi PAS/UAS tersebut.
 
Soal Latihan Essay UAS/PAS PPKN Kelas 10 Semester 2 bisa kalian pelajari langsung pada halaman ini. Saya juga menyiapkan kunci jawabannya dibawah soal. sehingga akan lebih memudahkan para siswa atau orang tua dalam memberikan bimbingan belajar pada kalian.

SOAL URAIAN

1. Sebutkan syarat keberhasilan integrasi dalam sebuah bangsa !
2. Sebutkan faktor penghambat integrasi nasional !
3. Jelaskan aspek-aspek TRIGATRA dan PANCAGATRA !
4. Sebutkan macam-macam ancaman terhadap keutuhan NKRI !
5. Jelaskan implementasi wawasan nusantara dalam kehidupan sehari-hari !

JAWABAN SOAL URAIAN

1. Syarat keberhasilan integrasi dalam sebuah bangsa :
  1. Anggota masyarakat merasa bahwa mereka semua berhasil untuk saling mengisi kebutuhan-kebutuhan yang satu dengan yang lainnya.
  2. Terciptanya kesepakatan bersama mengenai norma-norma dan nilai-nilai sosial yang dilestarikan dan dijadikan menjadi suatu pedoman.
  3. Norma-norma dan nilai-nilai sosial dijadikan aturan yang baku dalam melangsungkan proses integrasi sosial.
2. Faktor penghambat integrasi nasional 
  1. Kurangnya penghargaan terhadap kemajemukan yang memiliki sifat heterogen.
  2. Kurangnya toleransi antar sesama golongan.
  3. Kurangnya kesadaran di dalam diri masing-masing rakyat Indonesia terhadap segala ancaman dan gangguan yang mucul dari luar.
  4. Adanya sikap ketidakpuasan terhadap segala ketimpangan dan ketidak merataan hasil pembangunan.
3. Trigatra adalah aspek-aspek suatu negara yang memang sudah melekat pada negara itu dan tidak pernah sama spesifikasinya untuk setiap negara. Trigatra mengandung unsur-unsur alamiah yang bersifat relatif tetap atau statis.
  1. Geografi
  2. Kekayaan alam
  3. Kependudukan
Pancagatra adalah aspek-aspek kehidupan nasional yang menyangkut kehidupan dan pergaulan hidup manusia dalam bermasyarakat dan bernegara dengan ikatan-ikatan, aturan-aturan dan norma-norma tertentu, meliputi:
  1. Ideologi
  2. Politik
  3. Ekonomi
  4. Sosial budaya
  5. Pertahanan keamanan
4. Macam-Macam Ancaman Militer
  1. Agresi
  2. Pelanggaran Wilayah
  3. Spionase
  4. Sabotase
  5. Pemberontakan Bersenjata
  6. Perang saudara
5.  Implementasi wawasan nusantara dalam kehidupan sehari-hari 
  1. Implementasi Wawasan Nusantara dalam Kehidupan Politik. Dalam kehidupan politik ini akan menciptakan iklim penyelenggaraan negara yang lebih sehat nan dinamis. Hal tersebut tampak di dalam wujud pemerintahan yang aspiratif, kuat serta terpercaya yang dibangun sebagai penjelmaan kedaulatan rakyat.
  2. Implementasi Wawasan Nusantara dalam Kehidupan Ekonomi. Dalam kehidupan ekonomi ini akan terciptanya tatanan ekonomi yang menjamin pemenuhan dan meningkatnya kesejahteraan dan kemakmuran rakyat dengan merata dan adil. Di lain sisi, Implementasi Wawasan Nusantara mencerminkan sikap tanggung jawab pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) yang selalu memperhatikan kebutuhan masyarakat tiap daerah secara timbal balik dan kelestarian Sumber Daya Alam (SDA) itu sendiri.
  3. Implementasi Wawasan Nusantara dalam Kehidupan Sosial Budaya. Dalam kehidupan sosial budaya akan menciptakan sikap lahir dan batin yang mampu untuk menerima, mengakui dan menghormati segala bentuk perbedaan atau kebhinnekaan sebagai kenyataan hidup sekaligus menjadi karunia dari Sang Pencipta.
  4. Implementasi Wawasan Nusantara dalam Kehidupan HanKam. Dalam kehidupan hankam akan menumbuh kembangkan rasa kesadaran cinta tanah air dan bangsa yang nantinya apabila diterapkan akan membentuk sikap Bela Negara dalam diri tiap Warga Negara Indonesia.