Cara Menghapus Akun Google dari Perangkat Lain

Cara Menghapus Akun Google dari Perangkat Lain
Cara Menghapus Akun Google dari Perangkat Lain

Cara Menghapus Akun Google dari Perangkat Lain - Google memiliki sistem yang sangat tinggi untuk melindungi segala akun user. Setiap Akun Google diakses oleh perangkat lain, sistem akan langsung mengirimkan pesan kepada kotak masuk di Email. Terkadang, untuk masuk ke akun pun masih membutuhkan beberapa tindakan yang bertujuan untuk mengenali pemilik akun yang sebenarnya.

Akun Google yang ada di ponsel mempunyai banyak fungsi, salah satunya dapat digunakan untuk mendaftar sosial media. Tetapi jika akun yang kalian miliki ini berada pada  tangan orang lain, pastinya akan sangat beresiko.

Contohnya jika kalian menjual ponsel kalian kepada orang lain lalu lupa Menghapus Akun Google Pribadi yang masih ada di ponsel tersebut. Tidak usah khawatir, karena Google memiliki fitur untuk menghapus akun tersebut dari perangkat yang dipilih. Silahkan kalian simak Cara Menghapus Akses Akun Google dari Perangkat Lain di bawah ini untuk mengetahuinya.

Menghapus Akun Google dari Perangkat Lain

Cara di bawah ini dapat kalian gunakan untuk Mengeluarkan Akun Google dari Perangkat Lain :
  1. Buka halaman https://myaccount.google.com atau klik di sini melalui browser.
  2. Kemudian silahkan Sign In menggunakan Akun Google yang kalian ingin hapuskan.


  3. Setelah login, klik Keamanan.


  4. Scroll ke bawah sampai kalian menemukan bagian "Perangkat Anda" dan klik pada opsi "Kelola Perangkat". 


  5. Silahkan pilih perangkat yang ingin kalian hapus akun google nya.
  6. Setelah itu, klik opsi Titik Tiga pada perngkat tersebut.


  7. Klik "Logout"


  8. Maka akan muncul dialog konfirmasi, pada bagian ini klik Logout.


  9. Selesai, akun Google kalian berhasil dikeluarkan dari perangkat tersebut.

Menghapus Akun Google di Android

Smartphone, khususnya Android punya kelebihan yang dibuat untuk kemudahan, kalian bisa login dengan akun yang sama di banyak perangkat, sehingga data-data seperti kontak, aplikasi, unduhan, browser, email akan tampil sama persis di semua perangkat yang kalian login menggunakan akun tersebut.

Selain cara diatas, kalian juga bisa hapus akun google di hp kalian masing-masing loh. Mau tau caranya? Berikut Cara Menghapus Akun Google di HP :
  1. Kalian harus login pada ponsel baru menggunakan Akun Google yang telah kalian gunakan pada ponsel lama.
  2. Caranya melalui menu Pengaturan > Akun dan Pencadangan > Akun >Tambah Akun.
  3. Setelah berhasil login, kembali ke halaman utama dan buka menu Pengaturan.
  4. Setelah masuk ke halaman pengaturan, selanjutnya kalian pilih menu Google.
  5. Pada Menu Google, apabila cuma ada satu akun yang login, maka langsung sentuh pada tombol "Kelola Akun Google Anda".
  6. Namun jika ada lebih dari satu akun yang login, silahkan kalian sentuh pada nama profil akun yang terlihat. Nanti akan muncul profil akun mana saja yang ada.
  7. Selanjutnya akan tampil kotak Pilih Akun.
  8. Pilih salah satu akun yang akan kalian  kelola status loginnya.
  9. Setelah memilih akun, lanjut sentuh tombol "Kelola Akun Google Anda".
  10. Pada halaman pengelolaan akun, geser ke kanan sampai menemukan tab-menu Keamanan.
  11. Scroll perlahan ke bawah hingga kolom "Perangkat Anda".
  12. Pada kolom tersebut akan tampil ponsel-ponsel mana saja yang terhubung dengan Akun Google milik kalian
  13. Scroll sedikit ke bawah, sentuh pada tombol Kelola Perangkat.
  14. Selanjutnya akan muncul pilihan Icon Titik Tiga pada sisi kanan tampilan nama dan gambar ponsel
  15. Pilih ponsel yang akan kalian keluarkan dari akun Google. Sentuh Ikon Titik Tiga pada sisi kanan nya.
  16. Setelah itu akan tampil kotak menu, pilih Logout.
  17. Lakukan logout pada semua perangkat lain yang ingin kalian hapus. 
Pada saat kalian Menghapus Akun Google dari Perangkat tersebut, nantinya akan muncul notifikasi diperangkat tersebut yang meminta untuk masuk ulang kembali ke akun Google tersebut. Cara ini merupakan salah satu Cara Hapus Akun Google di Perangkat Lain untuk mengamankan akun kalian ketika sedang diakses pada perangkat yang kalian tidak kenali.

Nah, jika hal itu terjadi maka saya sarankan untuk mengubah kata sandi atau password dan mengaktifkan autentikasi dua faktor agar akun tersebut tetap aman dan tidak disalahgunakan oleh orang lain yang bermaksud untuk berbuat kejahatan.

Hal Penting Terkait Akun Google di Android

Perlu kalian ketahui, bahwa data-data yang kalian punya seperti kontak, email, catatan, kalender, unduhan aplikasi bisa kalian akses di perangkat berbeda dengan syarat kalian harus login dengan email yang sebelumnya dipakai. Misalnya kalian membeli smartphone android baru. Tidak perlu repot memindahkan kontak, karena begitu kalian login dengan akun yang sama, maka kontak juga otomatis ikut berpindah ke perangkat yang baru.

Sinkronisasi data bisa dimatikan dengan cara masuk ke menu Settings > Akun > Google >Sync. Lalu hilangkan tanda centang pada data yang ingin dikeluarkan dari item-item sinkonisasi. Data kontak bisa eksport ke smartphone, ke cloud bahkan ke email lainnya selama UI perangkat kalian menyertakan tool untuk melakukannya. Tapi, secara default, Android memungkinkan hal itu dilakukan.

Meskipun data aplikasi dan game dipertahankan, Perlu dicatat bahwa progress sampai di mana permainan kalian tidak akan ikut serta. Kecuali jika game atau aplikasi bersangkutan menggunakan dukungan Google Play Game, maka semua progress yang tersimpan bisa kalian temukan di perangkat yang baru.

Penutup

FItur mengeluarkan akun yang ada di Google juga bisa dipakai untuk melacak keberadaan perangkat kalian dengan syarat perangkat tersebut harus terhubung dengan internet dan mengaktifkan lokasi atau GPS agar hasilnya akurat.

Semua perangkat yang pernah menggunakan akun Google yang kalian pakai juga akan terdeteksi pada fitur ini. Dengan itu, kalian bisa mengelola perangkat mana saja yang terakhir kali aktif. Sekian Artikel mengenai Cara Menghapus Akun Google dari Perangkat Lain. Semoga bermanfaat dan Selamat Mencoba!