Cara Instal VirtualBox di Windows 10,8 dan 7

Cara Instal VirtualBox di Windows 10,8 dan 7
Cara Instal VirtualBox di Windows 10,8 dan 7

Cara Instal VirtualBox di Windows 10,8 dan 7 - Kali ini saya akan memberikan Cara Instal VirtualBox di Windows 10,8 dan 7. Bukan hanya itu, tapi pada artikel di bawah ini saya juga akan menjelaskan Pengertian VirtualBox beserta Fungsi VirtualBox. Untuk kalian yang ingin mencoba suatu software, tetapi takut ada virus di dalam software tersebut ingin mencoba Windows XP atau 2000, tetapi takut menggunakan dual booting? Semua itu bisa kalian lakukan tanpa ribet. 

Karena VirtualBox merupakan salah satu aplikasi yang fungsinya cukup dibutuhkan oleh beberapa kalangan, terutama untuk orang-orang yang bergelut di dunia IT. VirtualBox merupakan software virtualisasi yang memungkinkan kalian untuk menjalankan sistem operasi tersendiri (guest Operating System/guest OS) di atas sistem operasi utama komputer kalian. 

Pengertian Virtual Box

VirtualBox adalah aplikasi yang diluncurkan oleh perusahaan jerman Innotek GmbH kemudian dimiliki oleh Oracle pada Februari 2008, saat perusahaan ini di akusisi oleh Sun Microsystem. Oleh karena itu, saat ini aplikasi ini dikenal dengan nama Oracle VirtualBox.

Oracle VirtualBox merupakan aplikasi yang bisa menjalankan Sistem Operasi tambahan pada Sistem Operasi utama. Kalian bisa menambahkan Sistem Operasi lain pada perangkat komputer anda baik Sistem Operasi tersebut sama atau tidak dengan Sistem Operasi utama.

Contohnya jika kalian menggunakan Sistem Operasi Windows 7 pada komputer kalian, dengan Menginstal Oracle VirtualBox pada komputer Windows 7, kalian bisa menginstal Sistem Operasi lain seperti Linux pada aplikasi tersebut. Sehingga kalian bisa menjalankan dua Sistem Operasi hanya pada satu perangkat komputer saja.

Instal Langsung VS Instal Menggunakan Oracle VirtualBox

Mungkin kalian memiliki pertanyaan, apa bedanya antara menginstal Sistem Operasi secara langsung atau permanen dan menginstal Sistem Operasi menggunakan VirtualBox. Sebenarnya perbedaannya cukup jelas, Sistem Operasi yang diinstal di VirtualBox cuma Sistem Operasi tambahan pada Sistem Operasi utama, artinya kalian cuma bisa menjalankan Sistem Operasi tersebut apabila Sistem Operasi utamanya dalam keadaan hidup.

Bisa diambil disimpulkan bahwa Sistem Operasi tambahan sangat tergantung pada Sistem Operasi utama, sementara itu Sistem Operasi utama tidak mempunyai ketergantungan apapun pada Sistem Operasi tambahan. Selain itu, jika kalian ingin menghapus Sistem Operasi tambahan tersebut, anda dapat melakukannya kapan saja tanpa mempengaruhi kinerja pada Sistem Operasi utama kalian.

Fungsi VirtualBox

Kegunaan utama dari Oracle VirtualBox adalah untuk menginstall Sistem Operasi tambahan pada komputer kalian. Hal ini sangat berguna sekali terutama untuk orang orang yang berkecimpung di dunia IT. Banyak orang orang yang menggunakan aplikasi ini untuk mempelajari Sistem Operasi baru seperti Linux dan yang lainnya, jadi kalian tidak perlu melakukan install ulang pada komputer kalian cuma karena ingin mempelajari Sistem Operasi tersebut.

Aplikasi ini merupakan solusi terbaik bagi kalian yang ingin memahami Sistem Operasi lain namun disisi lain masih membutuhkan Sistem Operasi yang sedang digunakan untuk fungsional sehari-hari pada komputer kalian.

Spesifikasi yang dibutuhkan untuk menginstall Oracle VirtualBox

Sebenarnya tidak ada spesifikasi khusus untuk menginstal aplikasi ini, karena saat ini Oracle VirtualBox bisa diinstal di hampir semua Sistem Operasi seperti Windows, Linux, Macintosh, Solaris, dan lainnya.

Tetapi, ada beberapa hal yang mungkin harus diperhatikan sebagai berikut :
  • RAM minimal 4 GB
  • HDD free minimal 100 GB

Cara Menginstal VirtualBox

Berikut langkah-langkah yang bisa kalian ikuti untuk melakukan Instalasi Oracle VirtualBox pada komputer kalian :
  1. Cari di google dengan kata pencarian "virtualbox"


  2. Klik situs pertama yang muncul di hasil pencarian, atau kalian langsung klik disini untuk menuju situsnya.


  3. Maka akan muncul situs sebagai berikut. Kemudian klik sesuai Sistem Operasi utama yang kalian gunakan, karena saya menggunakan Windows maka saya memilih Windows Host pada halaman tersebut. 


  4. Lalu kalian bisa download sesuai dengan web browser yang kalian pakai.


  5. Setelah selesai dan berhasil didownload akan tampil file .exe dari VirtualBox seperti berikut ini.


  6. Langkah selanjutnya adalah Jalankan file VirtualBox yang telah di download. Klik pada file .exe untuk menginstall, dan akan muncul tampilan berikut.


  7. Klik Next.


  8. Checklist semuanya atau hanya yang kalian butuhkan, kemudian klik Next.


  9. Kemudian klik Yes.


  10. Klik Install pada tahap ini.


  11. Pada tampilan ini, VitualBox sedang diinstall, tunggu hingga proses selesai. Kemudian Klik Next.


  12. Jika kalian menemukan tampilan seperti ini. klik Install.


  13. Sampai disini kalian telah selesai menginstal Oracle Virtual box. Klik Finish saja.


  14. Beginilah tampilan Oracle Virtual box setelah pertama kali diinstall di komputer kalian.

Penutup

Sekian artikel mengenai Pengertian VirtualBox, Fungsi VirtualBox dan Cara Instalasi VirtualBox yang mungkin sangat mudah dan cepat. semoga bermanfaat. Jangan lupa kunjungi artikel lainnya dari RuangCoder untuk toturial lainnya.