Cara Membuka File CSV di Excel Agar Menjadi Rapi

Cara Membuka File CSV di Excel Agar Menjadi Rapi
Cara Membuka File CSV di Excel Agar Menjadi Rapi

Cara Membuka File CSV pada Excel - Jika kalian mengunduh berkas dengan fotmat CSV, secara otomatis berkas itu bisa dibuka dengan program Microsoft Excel, tetapi seringkali hasilnya sangat berantakan sehingga sukit untuk menyeleksi satu-persatu.

Biasanya File CSV diatur untuk menampilkan hasil koma dan bukan tabel, jadinya hasilnya tidak begitu jelas ketika di buka dengan Microsoft Excel. Tetapi jangan khawatir, disini saya akan berikan Cara membuka File CSV Agar Tidak Berantakan, alias menjadi rapi.

CSV File

File Comma Separated Values atau CSV adalah file teks biasa yang berisi daftar data. File CVS adalah file yang sering digunakan untuk bertukar data antara aplikasi yang berbeda. Contohnya database dan manajer kontak sering mendukung File CSV.

CSV File terkadang bisa disebut Character Separated Values  atau Comma Delimited files. Kebanyakan menggunakan karakter koma untuk memisahkan atau membatasi data, tetapi terkadang menggunakan karakter lain, seperti titik koma. Kalian bisa mengekspor data kompleks dari satu aplikasi ke File CSV, dan kemudian mengimpor data dalam File CSV ke aplikasi lain.

Struktur File CSV

Struktur File CSV  cukup sederhana,  merupakan daftar data yang dipisahkan oleh koma. Misalnya, kalian  memiliki beberapa kontak di pengelola kontak, dan kalian mengekspornya sebagai file CSV. Dan akan mendapatkan file yang berisi teks seperti dibawah ini:

  • Nama, Email, Nomor Telepon, Alamat
  • Bob Smith, bob @ example.com, 123-456-7890,123 Fake Street
  • Mike Jones, mike@ example.com, 098-765-4321,321 Fake Avenue

Cara Merapihkan File CSV di Excel

Ada dua cara untuk Merapihkan File CVS di Excel (CSV to Excel) tetapi saya akan berikan cara yang paling mudah sehingga tidak merubah komponen apapun pada komputer atau laptop kalian. 
Cara Membuka File CSV di Excel.

Berikut Cara Membuka File CSV di Excel agar rapi dan tidak berantakan :
  1. Untuk langkah awal, Silahkan Membuka File CSV di Excel.
  2. Jika sudah, Tekan pada Tabel "A" untuk menyeleksi seluruh item.


  3. Kemudian pada bagian atas, klik tab Data, lalu kalian pilih menu Text To Column.




  4. Pilihlah opsi Delimited dan selanjutnya klik Next.


  5. Pada bagian ini, silahkan kalian berikan centang pada opsi Coma.


  6. Terakhir, biarkan saja menjadi General, dan kalian bisa langsung klik tombol Finish.


  7. Dari sini kalian sudah bisa melihat perbedaan antara yang sebelumnya dan setelahnya, maka File CVS ini lebih rapi jika dibandingkan dari yang sebelumnya.

Penutup

Adapun cara lainnya untuk Membuat Tampilan File CVS agar Tidak Berantakan, yaitu kalian harus merubah region komputer menjadi negara Amerika. Tetapi tidak di sarankan karena terlalU mempengaruhi ke banyak hal, maka dari itu sebagai saran saja, kalian bisa menggunakan Cara Membuka File CSV di Excel pada artikel ini. Semoga Bermanfaat dan Selamat mencoba!