Pengertian VGA CARD, Fungsi, Komponen

Pengertian VGA CARD, Fungsi, Komponen
Pengertian VGA CARD, Fungsi, Komponen

VGA Card sering disebut video card, graphic card, display adapter atau graphic adapter merupakan perangkat yang penting pada komputer dalam hal menyajikan kualitas grafik yang bagus. Hal ini sangatlah penting, terutama bagi anda pecinta games, para gamer. Bagi kalian yang bergelut dalam bidang multimedia seperti fotografi dan video. Mengapa demikian? saya akan bahas mengenai Pengertian VGA Card, Fungsi VGA card beserta slot dan komponen-komponennya

Pengertian VGA Card

VGA card adalah perangkat keras komputer yang berperan dalam memproses informasi grafis pada komputer anda sehingga mampu dihasilkan di layar komputer, TV atau proyektor. Tanpa VGA card ini kalian tidak mungkin bisa melihat postingan ini di layar komputer kalian.

Pada dasarnya, sebuah komputer memiliki VGA card yang sudah terintegrasi atau tertanam pada motherboard atau CPU. VGA card yang tertanam pada motherboard disebut “on-board video” dan VGA card yang tertanam pada CPU disebut “accelerated processing unit (APUs)”.

Kelebihan memakai VGA card yang tertanam adalah mengurangi biaya, kalian karena tidak perlu membeli VGA card untuk tambahan, lebih simpel dan konsumsi daya yang dibutuhkan lebih sedikit. VGA card jenis ini cocok untuk kalian yang tidak membutuhkan grafis berkualitas tinggi.

Untuk kalian yang mau menambahkan VGA card dengan performa yang lebih tinggi dari VGA card yang telah tertanam pada komputer kalian. Setiap komputer telah menyediakan slot expansion pada motherboardnya,jika kalian ingin menambahkan sebuah VGA card.

Fungsi VGA Card

VGA Card Berfungsi Untuk mengolah informasi grafis pada komputer seperti merender grafis 2D ataupun 3D, decoding MPEG-2/MPEG4. Selain itu, VGA card juga bisa menghubungkan komputer dengan perangkat TV atau ke beberapa monitor sekaligus (multi-monitor). VGA card juga memiliki sound card jadi bisa menghasilkan output sound ke perangkat yang terhubung seperti TV.

VGA card saling terhubung dengan CPU (central processing unit), bisa untuk mengambil data dari CPU lalu kemudian memprosesnya sehingga dapat tampil di layar monitor. Untuk kalian yang hobi bermain game atau yang bergelut dibidang multimedia seperti yang telah saya jelaskan dibagian awal, sangat penting untuk memiliki VGA card tambahan dengan kualitas yang bagus.

Dengan menggunakan VGA card tambahan akan meningkatkan seluruh kemampuan sistem anda, sebab VGA card memiliki RAM, pengatur daya dan pendingin tersendiri dalam mengelolah informasi grafis. Sehingga RAM dan CPU pada sistem kalian tidak akan terbebani dan mampu digunakan untuk hal lain.

Tipe Slot pada VGA Card

Kalian harus menggunakan slot expansion yang tersedia pada motherboard kalian untuk menambahkan VGA card pada komputer. Karena VGA card memiliki slot yang berbeda-beda, tergantung dari jenis dari VGA cardnya. Pada beberapa motherboard dilengkapi dengan Slot VGA Card lebih dari satu jenis. Biasanya slot yang satu merupakan slot versi lama dan slot satunya lagi adalah slot versi yang lebih baru.

Jenis-Jenis Slot VGA card:

1. ISA

Slot Industry Standard Architecture atau ISA dulunya merupakan standard slot VGA card sekitar akhir tahun 1980an. Tetapi sayangnya, slot jenis ini sudah tidak lagi dipakai pada motherboard saat ini. VGA card dengan jenis ISA bisa mengirimkan data 2 hingga 3 megabytes per detik.

2. PCI

Slot Pheriperal Component Interconnect atau PCI slot menggantikan peran slot ISA sebagai standar slot VGA card pada awal tahun 1990-an. Slot ini dirancang agar GPU bisa langsung mengambil data dari memory tanpa harus menggunakan CPU lagi.

Tentu saja akan membuat CPU lebih longgar untuk mengolah data yang lain. PCI bisa menghantarkan data sampai 132 megabytes per detik, sebuah peningkatan yang sangat besar bila dibandingkan dengan slot ISA.

3. AGP

Slot Accelerated Graphics Port atau AGP slot pertama kali diperkenalkan sekitar tahun 1996. AGP mengalami peningkatan dan memiliki 4 macam versi berdasarkan speednya seiring dengan berkembangnya zaman, yaitu AGP 1X, 2X, 4X, dan 8X. Angka tersebut mewakili kecepatan dari AGP itu sendiri. AGP 8X adalah yang tercepat, kecepatan transfer hingga 2,1 gigabytes per detik.

4. PCI Express (PCIe)

PCI Express adalah jenis slot VGA card paling terbaru, pertama kali diperkenalkan tahun 2004. PCI Express adalah peningkatan teknologi dari jenis PCI yang lama.

Diantara peningkatan tersebut adalah pada kemampuannya untuk mentransfer data. Versi PCI Expresss X16 bisa untuk mentransfer data sampai 4 gigabytes per detik. Angka yang sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan PCI versi lama yaitu cuma 132 megabytes per detik saja.

Bagian-bagian VGA Card

VGA card sendiri terdiri dari sebuah papan sirkuit dengan berbagai macam komponen yang melekat diatasnya. Komponen-komponen tersebut yaitu :

1. Graphics Processing Unit

Graphics Processing Unit (GPU) atau Visual Processing Unit (VPU) adalah sebuah sirkuit yang dirancang untuk memanipulasi data dengan cepat. Dan memodifikasi memori guna mempercepat pembuatan gambar pada frame buffer. GPU mirip dengan CPU, tetapi GPU didesain cuma untuk menangani grafis saja.

2. Heat Sink

Pada jenis VGA card yang baru dilengkapi dengan heat sink, fungsi nya adalah untuk meratakan suhu pada graphics processing unit (GPU). Hcard. Pada beberapa jenis VGA card yang berkualitas rendah, tidak dilengkapi heat sink, Sebagai gantinya memakai cairan pendingin.

3. Memory

Memory adalah tempat semua tekstur dan informasi grafis disimpan. GPU mengambil data dari memori lalu memprosesnya lalu disimpan kembali di memori untuk disalurkan ke RAMDAC sehingga bisa tampil dilayar monitor kalian.

RAMDAC adalah singkatan dari Random Access Memory Digital to Analog Converter. Berfungsi untuk mengontrol gambar digital kemudian dikonversi menjadi signal analog hingga gambar itu bisa tampil di monitor.

Penutup

Sekian artikel mengenai pengertian VGA Card, Fungsi VGA Card beserta Slot dan Komponen VGA Card. Silahkan kalian bisa menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan dan budget yang kalian miliki. Semoga Bermanfaat!