Cara Mengaktifkan Voice Typing di Google Docs

Cara Mengaktifkan Voice Typing di Google Docs
Cara Mengaktifkan Voice Typing di Google Docs

Cara Mengaktifkan Voice Typing di Google Docs -  Jika kalian adalah pengguna setia mesin pencari Google dan Gmail, pastinya kalian akan familiar dengan Google Docs. Google Docs bisa dibilang Microsoft Word-nya Google. Dengan Google Docs, kalian bisa mengetik atau mengedit dengan mudah.  Pasti kalian sering banget ngalamin saat-saat dimana lagi mager ngetik. 

Untuk kalian yang mager ngetik bisa banget nih untuk mencoba cara mengaktifkan Voice Typing Google Docs, Dijamin sangat praktis dan simpel sehingga kalian lebih produktif karena bisa melakukan efiensi waktu. Kalian hanya cukup bicara dengan jelas atau merekam suara dari sumber lain, lalu suara tersebut akan langsung otomatis berubah menjadi tulisan dengan Fitur Voice Typing ini. Dengan bermodal akun Gmail dan kuota internet sudah bisa mendapatkan akses layanan ini.

Voice Typing Google Docs

Salah satu kelebihan dari Fitur Voice Typing adalah tentunya bisa membantu mengkonversi suara menjadi tulisan. Hanya butuh berbicara dengan keras dan jelas agar hasil tulisannya akurat sesuai dengan yang kalian inginkan. Google Docs menyediakan layanan mengetik otomatis hanya dengan menggunakan suara yang dinamakan Voice Typing untuk memberi kemudahan para pengguna saat malas mengetik tulisan yang panjang. 

Kalian hanya tinggal menyebutkan kalimat yang akan ditulis dan mesin voice typing akan mengetik dengan sendirinya. Terutama saat kondisi belajar dari rumah dan work from home seperti sekarang ini, jelas layanan ini semakin memudahkan. Fitur ini sejatinya sudah ada sejak lama di Google Docs dan tersedia dalam berbagai bahasa, termasuk Indonesia.

Kelebihan dan Kekurangan Google Docs

Kelebihan Google Docs

Apa Kelebihan Google Docs dengan Microsoft Word? kelebihan utamanya adalah Google Docs adalah free alias gratis, tinggal buka Google Docs di internet dan login dengan akun Gmail sudah bisa digunakan. 

Berbeda dengan Microsoft Word, untuk mengoperasikannya perlu menginstalnya terlebih dahulu. Kemudian harus membeli lisensinya agar bisa mendapatkan kunci produknya. Baru bisa mengetik dan mengedit dokumennya.

Kelebihan lainnya yang dimiliki Google Docs adalah menggunakan sistem penyimpanan Cloud, kita bisa membukanya dari device manapun asalkan terhubung dengan akun Gmail kalian. Kalian juga bisa mengakses Google Docs dari smartphone bahkan ada aplikasi khususnya. Sedangkan Microsoft Word yang penyimpanannya di internal device. Kecuali apabila sudah disimpan di Google Drive baru bisa dibuka dari device mana pun.

Kelebihan selanjutnya dari Google Docs adalah bisa mengetik tanpa tangan cukup pakai mulut saja. kalian tidak perlu mengetikkan dengan keyboard. Cukup dengan bersuara maka otomatis suara kalian tadi akan dikonversi menjadi tulisan.

Kekurangan Google Docs

Tapi di balik itu semua, Kekurangan Google Docs adalah untuk mengoperasikannya dengan lancar, kalian sangat membutuhkan koneksi internet yang bagus dan stabil agar setiap tulisan yang kalian ketikkan dapat tersimpan secara otomatis.

Cara Mengaktifkan Voice Typing di Google Docs

Oke selanjutnya saya akan membahas dalam Cara Menggunakan Voice Typing di Google Docs. Berikut langkah-langkahnya :
  1. Buka Google Docs atau klik disini untuk menuju situs tersebut.
  2. Masuk dengan akun Google kalian masing-masing.
  3. Klik icon + untuk membuka dokumen baru.
  4. Pilih Menu Tools atau Alat.
  5. Klik pilihan Dikte atau Voice Typing.
  6. Izinkan Google Docs untuk mengakses microphone kalian. Biasanya, setelah panel voice typing diklik, akan muncul notifikasi meminta izin mengakses mic. Jika tidak muncul, silahkan kalian klik panel bergambar kamera di kolom situs dan izinkan Google Docs untuk menggunakan microphone.
  7. Jangan lupa untuk pastikan microphone kalian menyala dan berfungsi dengan baik. Jika laptop memiliki mic yang kurang baik, maka gunakan earphone dilengkapi mic atau pakai mic eksternal.
  8. Selanjutnya pastikan bahasa yang digunakan sudah sesuai. Ada banyak pilihan bahasa yang tersedia termasuk Indonesia. Tergantung bahasa apa yang ingin kalian gunakan saat berbicara.
  9. Selesai deh, sekarang kalian sudah bisa memulai berbicara dengan jelas agar bisa terkonversi dengan jelas oleh fitur ini.
Untuk tanda baca agar bisa dikonversikan langsung maka kamu perlu membacanya dengan kata. Misalnya titik, koma, tanda seru, tanda tanya, baris baru, paragraf baru. Kalian juga dapat menggunakan Fitur Voice Typing untuk memformat teks seperti teks tebal, teks miring, teks bergaris bawah, semua huruf kapital, kapitalisasi satu karakter, penandaan karakter, pembesaran ukuran font, penggandaan jarak garis, rata tengah, atau penambahan dua kolom.

Penutup

Semakin canggih fitur yang disediakan di Google Docs. Itulah Cara Mengaktifkan Voice Typing di Google Docs. Fitur Voice Typing ini sayangnya hanya ada ketika dibuka lewat browser laptop atau PC. Untuk Google Docs di Android / Smartphone belum tersedia fitur ini.  Selamat mencoba! Semoga bermanfaat.