Soal Essay UAS/PAS Fisika Kelas 10 Semester 2

Soal Essay UAS/PAS Fisika Kelas 10 Semester 2 Lengkap dengan Jawaban
Soal Essay UAS/PAS Fisika Kelas 10 Semester 2 Lengkap dengan Jawaban

Soal Essay UAS/PAS Fisika Kelas 10 Semester 2 Lengkap Jawabannya - Pada akhir semester ini sekolah-sekolah pastinya bersiap melaksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS) atau Ulangan Akhir Semester (UAS) disemua jenjang dan tingkatan, termasuk bagi para siswa SMA dan SMK dan semua jurusan. Adapun nilai hasil dari ulangan tersebut menjadi salah satu komponen dalam menentukan nilai raport untuk semester genap atau semester 2. Pada tahun ini hampir mayoritas sekolah khusunya untuk kelas SMA dan SMK menggunakan Kurikulum 2013. Oleh karena itu tentu saja Materi soal-soal PAS/UAS mengacu atau menggunakan bahan ajar kurikulum 2013.

Jika kalian sudah mempelajari Soal UAS/PAS Fisika Kelas 10 Semester 2 Lengkap dengan Jawabannya, kali ini saat nya kalian untuk mempelajari Soal Essay UAS/PAS Fisika Kelas 10 Semester 2 karena biasanya dalam Ujian Akhir Semester terdapat 2 jenis soal, Pilihan Ganda dan Essay.
 
Fisika menjadi mata pelajaran yang akan diujikan pada para siswa. Oleh karena itu, saya ingin membagikan Contoh Soal Essay Fisika Kelas 10 ini sebagai bahan latihan untuk kalian mempersiapkan diri dalam mengahadapi PAS/UAS tersebut.
 
Soal Latihan Essay UAS/PAS Fisika Kelas 10 Semester 2 bisa kalian pelajari langsung pada halaman ini. Saya juga menyiapkan kunci jawabannya dibawah soal. sehingga akan lebih memudahkan para siswa atau orang tua dalam memberikan bimbingan belajar pada kalian.

SOAL URAIAN

1. Sebutkan 7 besaran pokok dan 5 besaran turunan!
2. Sebutkan dua bentuk energi potensial dalam kehidupan sehari-hari beserta contohnya
3. Sebuah pegas yang panjangnya 10 cm tergantung bebas. Ketika pegas tersebut menahan beban 10 N, ternyata panjangnya menjadi 10,5 cm.
Tentukan tetapan gaya pegas dan panjangnya jika menahan beban 20 N!
4. Sebutkan jenis gelombang berdasarkan arah getar dan mediumnya beserta contohnya
5. Sebutkan tiga contoh perpindahan kalor secara konveksi

JAWABAN SOAL URAIAN

1. Besaran Pokok : 
  1. Panjang
  2. Massa 
  3. Waktu
  4. Suhu
  5. Kuat arus
  6. Jumlah zat
  7. Intensitas cahaya
Besaran Turunan :
  1. Luas
  2. Volume
  3. Kecepatan
  4. Percepatan
  5. Gaya
2. Contoh energi potensial dalam kehidupan sehari-hari :
  1. Energi potensial gravitasi : aliran air dari bendungan yang mampu menggerakkan turbin/generator, aliran air dari sungai yang mampu menggerakkan kincir air untuk menghasilkan energi listrik, dan lain-lain.
  2. Energi potensial pegas : Tali busur pada panah yang dapat melontarkan anak panah, pegas pada mobil yang dapat meredam kejutan/perubahan beban, dan lain-lain.
3. Diketahui :
X₀ = 10 cm = 0,1 m ; F = 10 N ; X₁ = 10,5 cm --> ∆x = 0,5 cm = 0,005 m
Ditanya :
a. k = … ?
b. X₂ jika F = 20 N Jawab :
a. k = F / ∆x = 10 / 0,005 = 10000/5 = 2000 N/m.
b. Dicari dulu ∆x --> ∆x = F / k = 20 / 2000 = 0,01 m = 1 cm; ==> X₂ = X₀ + ∆x = 10 cm + 1 cm = 11 cm.

4. Jenis gelombang berdasarkan :

A. Arah getarnya :
  1. Gelombang Transversal, yaitu gelombang yang arah getarannya tegak lurus dengan arah rambatannya, contoh : gelombang pada tali, gelombang cahaya.
  2. Gelombang Longitudinal, yaitu gelombang yang arah getarannya sejajar (searah) denan arah rambatannya, contoh : gelombang bunyi, gelombang pada pegas.
B. Mediumnya :
  1. Gelombang Mekanik, yaitu gelombang yang memerlukan medium untuk merambat, contoh gelombang suara menggunakan medium udara, yang pada ruang hampa udara tidak dapat merambat.
  2. Gelombang Elektromagnetik, yaitu gelombang yang tidak memerlukan medium untuk merambat, contoh gelombang cahaya, sinar-X, gelombang radio, gelombang TV.
5. Konveksi adalah perpindahan panas melalui aliran, di mana zat perantaranya ikut berpindah. Jika partikel berpindah dan mengakibatkan kalor merambat, maka terjadilah konveksi. Konveksi terjadi pada zat cair dan gas (udara/angin ).

Contoh Perpindahan Panas secara Konveksi:
  1. Gerakan naik turunnya air yang sedang mendidih saat direbus
  2. Gerakan naik turunnya kacang hijau, beras, kedelai saat direbus
  3. Terjadinya angin darat dan laut
  4. Gerakan balon udara
  5. Asap pada cerobong asap bergerak naik