Soal Essay UAS/PAS Sejarah Kelas 11 Semester 2

Soal Essay UAS/PAS Sejarah Kelas 11 Semester 2 Lengkap Jawabannya
Soal Essay UAS/PAS Sejarah Kelas 11 Semester 2 Lengkap Jawabannya

Soal Essay UAS/PAS Sejarah Kelas 11 Semester 2 Lengkap Jawabannya - Pada akhir semester ini sekolah-sekolah pastinya bersiap melaksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS) atau Ulangan Akhir Semester (UAS) disemua jenjang dan tingkatan, termasuk bagi para siswa SMA dan SMK dan semua jurusan. Adapun nilai hasil dari ulangan tersebut menjadi salah satu komponen dalam menentukan nilai raport untuk semester genap atau semester 2. Pada tahun ini hampir mayoritas sekolah khusunya untuk kelas SMA dan SMK menggunakan Kurikulum 2013. Oleh karena itu tentu saja Materi soal-soal PAS/UAS mengacu atau menggunakan bahan ajar kurikulum 2013.

Jika kalian sudah mempelajari Soal UAS/PAS Sejarah Kelas 11 Semester 2 Lengkap dengan Jawabannya, kali ini saat nya kalian untuk mempelajari Soal Essay UAS/PAS Sejarah Kelas 11 Semester 2 karena biasanya dalam Ujian Akhir Semester terdapat 2 jenis soal, Pilihan Ganda dan Essay.
 
Sejarah menjadi mata pelajaran yang akan diujikan pada para siswa. Oleh karena itu, saya ingin membagikan Contoh Soal Essay Sejarah Kelas 11 ini sebagai bahan latihan untuk kalian mempersiapkan diri dalam mengahadapi PAS/UAS tersebut.
 
Soal Latihan Essay UAS/PAS Sejarah Kelas 11 Semester 2 bisa kalian pelajari langsung pada halaman ini. Saya juga menyiapkan kunci jawabannya dibawah soal. sehingga akan lebih memudahkan para siswa atau orang tua dalam memberikan bimbingan belajar pada kalian.

SOAL URAIAN

1. Sebutkan dan jelaskan pembagian tiga wilayah pemerintah militer pada masa pendudukan Jepang di Indonesia !
2. Peristiwa Proklamasi kemerdekaan Indonesia, membutuhkan banyak perjuangan dan pengorbanan, oleh karena itu para pemuda-pemudi mengerahkan semua daya upaya yang mereka miliki. Jelaskan makna proklamasi bagi bangsa Indonesia!
3. Apa yang dilakukan para pemuda yang tergabung dalam angkatan baru setelah mendengar berita kekalahan Jepang !
4. Jelaskan secara singkat tentang peristiwa Rengasdengklok!
5. Sebutkan hasil Perundingan Roem-Royen!

JAWABAN SOAL URAIAN

1.Pembagian tiga wilayah pemerintah militer pada masa pendudukan Jepang di Indonesia 
  1. Pemerintah militer AD untuk Sumatera dipusatkan di Bukittinggi
  2. Pemerintah militer AD untuk Jawa dan Madura dipusatkan di Jakarta
  3. Pemerintah militer AD untuk Sulawesi, Kalimantan dan Maluku dipusatkan di Makassar
2. Makna proklamasi bagi Indonesia adalah :
  1. sebagai puncak perjuangan bangsa Indonesia
  2. menjadi pernyataan de facto
  3. menaikkan harkat dan martabat bangsa
  4. dapat memulai perjuangan sebagai negara baru
  5. sebagai tonggak sejarah Indonesia
3. Pada tanggal 15 Agustus 1945 sore, para pemuda kembali menemui Bung Hatta dan mendesak agar beliau jangan menyetujui proklamasi di hadapan PPKI

4. Peristiwa Rengasdengklok terjadi dikarenakan adanya perbedaan pendapat antara golongan muda dan tua tentang masalah kapan dilaksanakannya proklamasi kemerdekaan Indonesia. Kejadian tersebut berlangsung tepatnya pada tanggal 16 Agustus 1945. Golongan muda membawa Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta ke Rengasdengklok dengan tujuan untuk mengamankan keduanya dari intervensi pihak luar. Daaerah Rengasdengklok dipilih karena menurut perhitungan militer, tempat tersebut jauh dari jalan raya Jakarta-Cirebon. Di samping itu, mereka dengan mudah dapat mengawasi tentara Jepang yang hendak datang ke Rengasdengklok dari arah Bandung maupun Jakarta.

5. Isi perjanjian Roem - Royen:
  1. Ibukota RI dikembalikan ke Yogyakarta
  2. Menghentikan gerakan - gerakan militer dan membebaskan tawanan politik
  3. Belanda menyetujui adanya Republik Indonesia yang dalam negara Indonesia Serikat
  4. Akan diselenggarakan Konfrensi Meja Bundar (KMB) antara Indonesia dan Belanda