Soal Essay UAS/PAS Kimia Kelas 11 Semester 2

Soal Essay UAS/PAS Kimia Kelas 11 Semester 2 Lengkap Jawabannya
Soal Essay UAS/PAS Kimia Kelas 11 Semester 2 Lengkap Jawabannya
 
Soal Essay UAS/PAS Kimia Kelas 11 Semester 2 Lengkap Jawabannya - Pada akhir semester ini sekolah-sekolah pastinya bersiap melaksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS) atau Ulangan Akhir Semester (UAS) disemua jenjang dan tingkatan, termasuk bagi para siswa SMA dan SMK dan semua jurusan. Adapun nilai hasil dari ulangan tersebut menjadi salah satu komponen dalam menentukan nilai raport untuk semester genap atau semester 2. Pada tahun ini hampir mayoritas sekolah khusunya untuk kelas SMA dan SMK menggunakan Kurikulum 2013. Oleh karena itu tentu saja Materi soal-soal PAS/UAS mengacu atau menggunakan bahan ajar kurikulum 2013.

Jika kalian sudah mempelajari Soal UAS/PAS Kimia Kelas 11 Semester 2 Lengkap dengan Jawabannya, kali ini saat nya kalian untuk mempelajari Soal Essay UAS/PAS Kimia Kelas 11 Semester 2 karena biasanya dalam Ujian Akhir Semester terdapat 2 jenis soal, Pilihan Ganda dan Essay.
 
Kimia menjadi mata pelajaran yang akan diujikan pada para siswa. Oleh karena itu, saya ingin membagikan Contoh Soal Essay Kimia Kelas 11 ini sebagai bahan latihan untuk kalian mempersiapkan diri dalam mengahadapi PAS/UAS tersebut.
 
Soal Latihan Essay UAS/PAS Kimia Kelas 11 Semester 2 bisa kalian pelajari langsung pada halaman ini. Saya juga menyiapkan kunci jawabannya dibawah soal. sehingga akan lebih memudahkan para siswa atau orang tua dalam memberikan bimbingan belajar pada kalian.

SOAL URAIAN

1. Sebutkan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kesetimbangan!
2. Tuliskan reaksi ionisasi asam dan basa berikut: a. H₃PO₄, b. H₂CO₃, c. Al(OH)₃
3. Tentukan pH dari 0,05 M H₂SO₄
4. Tentukan pH dari 0,05 M Ca(OH)₂
5. Sebutkan minimal 3 contoh peristiwa efek Tyndal yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari!

JAWABAN SOAL URAIAN

1. Suhu, tekanan, volume, konsentrasi

2.  Reaksi ionisasi asam dan basa
  1. H₃PO₄ --> 3 H⁺ + PO₄³⁻
  2. H₂CO₃ --> 2H⁺ + CO₃²⁻
  3.  Al(OH)₃ --> Al³⁺ + 3 OH⁻
3. Ma = 0,05, [H⁺]= 2 x 0,05 = 0,1 = 10⁻¹, maka pH = 1

4. Mb = 0,05, [OH⁻] = 2 x 0,05 = 10⁻¹, pOH = 1, pH = 14 - 1 = 13

5. Sorot lampu mobil dimalam hari, sinar matahari pagi yang jatuh ke bumi, sorot lampu proyektor di dalam gedung bioskop