Soal UAS/PAS Simulasi Digital Kelas 10 Semester 2

Soal UAS/PAS Simulasi Digital Kelas 10 Semester 2 Lengkap dengan Jawaban
Soal UAS/PAS Simulasi Digital Kelas 10 Semester 2 Lengkap dengan Jawaban

Soal UAS/PAS Simulasi Digital Kelas 10 Semester 2 Lengkap dengan Jawaban - Biasanya setiap tahunnya, beberapa soal ada yang sama dengan sebelumnya. Sehingga bisa menjadi sebuah ringkasan belajar ataupun rangkuman soal dalam rangka menghadapi pekan ujian akhir semester satu. Kali ini saya akan bagikan pada kalian semua Soal Latihan UAS/PAS Simulasi Digital SMA/SMK Kelas 10 Semester 2.
 
Pada akhir semester ini sekolah-sekolah pastinya bersiap melaksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS) atau Ulangan Akhir Semester (UAS) disemua jenjang dan tingkatan, termasuk bagi para siswa SMA dan SMK dan semua jurusan. Adapun nilai hasil dari ulangan tersebut menjadi salah satu komponen dalam menentukan nilai raport untuk semester genap atau semester 2.
 
Pada tahun ini hampir mayoritas sekolah khusunya untuk kelas SMA dan SMK menggunakan Kurikulum 2013. Oleh karena itu tentu saja Materi soal-soal PAS/UAS mengacu atau menggunakan bahan ajar kurikulum 2013.
 
Mata Pelajaran Simulasi Digital menjadi mata pelajaran yang akan diujikan pada para siswa. Oleh karena itu, saya ingin membagikan Contoh Soal Simulasi Digital Kelas 10. Soal Latihan UAS/PAS Simulasi Digital SMA/SMK Kelas 10 Semester 2 ini sebagai bahan latihan untuk kalian mempersiapkan diri dalam mengahadapi PAS/UAS tersebut.
 
Soal Latihan UAS/PAS Simulasi Digital SMA/SMK Kelas 10 Semester 2 bisa kalian pelajari langsung pada halaman ini. Saya juga menyiapkan kunci jawabannya. sehingga akan lebih memudahkan para siswa atau orang tua dalam memberikan bimbingan belajar pada kalian.
 
Saya berharap setelah mempelajari Soal Latihan UAS/PAS Simulasi Digital SMA/SMK Kelas 10 Semester 2 ini nilai kalian akan memuaskan dan pada akhirnya prestasi terbaik bisa diraih. Pada Soal Latihan UAS/PAS Simulasi Digital SMA/SMK Kelas 10 Semester 2 ini terdiri dari beberapa kompetensi dasar dari muatan materi mata pelajaran Simulasi Digital. Agar lebih komprehensip sebaiknya pelajari semua dari Soal Latihan UAS/PAS Simulasi Digital SMA/SMK Kelas 10 Semester 2 di bawah ini.

Soal UAS/PAS Simulasi Digital Kelas 10 Semester 2

SOAL PILIHAN GANDA

1. Dibawah ini hal yang harus disiapkan sebelum membuat video presentasi, kecuali....
a. Ide dan gagasan
b. Pencahayaan
c. Sinopsis
d. Skenario
e. Storyboard


2. Yang dimaksud dengan camera angle pada teknik pengambilan gambar adalah....
a. Bidang pandang hubungannya dengan latar belakang
b. Bingkai dan batasan pada saat mengambil gambar
c. Sudut objek
d. Sudut pengambilan gambar atau tata letak posisi kamera
e. Jarak pengambilan gambar

3. Pesan dari presentasi video tentang sebuah produk perusahaan dapat tersampaikan dengan tepat karena....
a. Menggunakan benda asli yang dihasilkan
b. Informasinya menggunakan narasi
c. Menarik, perpaduan teks, audio dan video
d. Naskahnya dibuat serinci mungkin
e. Peralatan yang digunakn lengkap

4. Aplikasi yang bisa digunakan untuk memvisualisasikan ide atau gagasan yang muncul dikepala kita dalam bentuk animasi 3D adalah....
a. Video movie maker
b. Ulead video studio
c. Microsoft word
d. Blender
e. Power point

5. Salah satu jenis file yang secara khusus digunakan untuk menyimpan buku digital (e-book) dan sengaja dibuat untuk bekerja pada perangkat mobile dengan kebutuhan bandwidth yang relatif kecil ketika mengunduh dan membukanya disebut...
a. EPUB
b. PDF
c. HTML
d. MOBI
e. XML

6. Platform media sosial yang sering digambarkan sebagai facebook untuk sekolah adalah pengertian dari....
a. Google +
b. Whatsapp
c. Edmodo
d. Twitter
e. Skype

7. Jika kita ingin masuk Edmodo kita harus memasukkan....lalu klik “sign in”
a. Komentar dan username
b. Nama dan alamat
c. E-mail dan username
d. Alamat dan tanggal lahir
e. Username dan password

8. Penggunaan etika dalam berkomunikasi bertujuan untuk....
a. Menunjukkan jati diri sesungguhnya
b. Untuk meyakinkan lawan chating
c. Kewajiban menghormati yang lebih tua
d. Tidak menyinggung perasaan lawan chatting
e. Menyampaikan informasi tepat

9. Tujuan kita menerapkan etika dalam komunikasi digital adalah....
a. Menjaga keharmonisan dan kenyamanan dalam berkomunikasi
b. Mendapatkan keuntungan yang banyak
c. Mencari lawan bicara untuk berdebat
d. Menjaga martabat dalam berinteraksi
e. Mencari keunggulan dalam bergaul di dunia digital

10. Dibawah ini fitur-fitur yang disediakan oleh edmodo, kecuali....
a. Ganti photo profile
b. Tampilan seperti facebook
c. Membuat event atau jadwal kegiatan penting
d. Interaksi guru dengan murid secara mudah
e. Tidak bisa diakses oleh HP

11. Perbedaan video conference dan video chat yaitu....
a. Video conference untuk bisnis dan video chat bukan untuk bisnis
b. Koneksi internet video conference harus cepat dan video chat bisa lambat
c. Video conference tidak menggunakan aplikasi dan video chat menggunakan aplikasi
d. Video conference multipoint dan video chat hanya satu panggilan
e. Koneksi video conference dengan satelite dan internet sementara video chat dengan internet

12. Search engine merupakan mesin pencari yang dapat ditemui pada website berikut ini, kecuali....
a. www.google.com
b. www.msn.com
c. www.altavista.com
d. www.geocities.com
e. www.yahoo.com

13. Video gratis tanpa lisensi untuk membuat video tutorial/video pembelajaran adalah....
a. Windows movie maker
b. Power Director
c. Adobe after effect
d. Screen cast o’matic
e. Camtasia

14. Framing dalam pengambilan gambar adalah....
a. Teknik kamera
b. Sudut pengambilan gambar
c. Bidang pandangan
d. Jarak pengambilan gambar
e. Posisi kamera

15. Salah satu icon dalam toolbar Calibre yang berguna untuk mengarahkan user masuk ke sebuah web ketika akan mendonasikan sumbangan untuk pengembangan berkelanjutan calibre adalah....
a. Fetch news icon
b. Get book icon
c. Hearth icon
d. Save to disk
e. Calibre liberary

16. Berikut ini yang tidak termasuk domain server penyedia alokasi space (ruang penyimpanan) e-book adalah....
a. Yahoo.com
b. Scribd.com
c. Free-ebook.net
d. Academia.com
e. Bookbon.com

17. Jenis file e-book yang merupakan standar keluaran perusahaan Adobe dan sering digunakan sebagai media pembelajaran karena kelebihannya, yaitu mudah pembacaan dan kecil ukuran file-nya dibandingkan dokumen keluaran microsoft word adalah....
a. KF 8
b. PDF
c. AZW
d. TPZ
e. EPUB

18. Komunikasi daring disebut juga komunikasi...
a. Lisan
b. Verbal
c. Nirkata
d. Nonverbal
e. Virtual

19. Ciri-ciri komunikasi daring, kecuali....
a. Hemat biaya
b. Jangkauan sempit
c. Tidak terbatas tempat
d. Terintegrasi dengan TIK
e. Tidak terbatas waktu

20. Jenis komunikasi dalam jaringan dilakukan secara serempak disebut juga ....
a. Blog
b. Sinkron
c. E-mail
d. Asinkron
e. Surel

21. Merahputih.id salah satu media komunikasi secara....
a. realtime
b.tidak langsung
c. up to date
d. langsung
e. sinkron

22. Termasuk jenis komunikasi asinkron adalah....
a. Gerak isyarat
b. E-mail
c. Twitter
d. Facebook
e. Whatsapp

23. Untuk membuka e-mail dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut....
a. Buka web layanan email > klik sign in/masuk > ketik id email dan password > klik sign in/enter
b. Buka web layanan email > klik teks register > ketik id email dan password > klik tombol sign in
c. Buka web layanan email > klik register > ketik id email dan password > tekan enter
d. Buka web layanan email > Klik sign in > klik register > ketik id email > tekan tombol enter
e. Buka web layanan email > klik create > keti id email dan password

24. Kelas maya adalah ....
a. Sistem pembelajaran online antara guru dengan peserta didik yang dapat dilakukan di luar jam sekolah dan dapat dilakukan meski jaraknya jauh
b. Pembelajaran yang dilakukan antara guru dengan peserta didik dengan memanfaatkan teknologi komunikasi
c. Sistem pembelajaran yang dilakukan secara jarak jauh apabila guru atau peserta didik tidak dapat hadir
d. Pembelajaran yang dilakukan secara online secara terus menerus
e. Pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan peserta didik dengan memanfaatkan internet

25. Berikut ini yang tidak termasuk dalam kelebihan kelas maya adalah....
a. Waktu dan tempat bebas
b. Guru sebagai fasilitator, penyedia dan pendukung pembelajaran
c. Peserta didik lebih aktif dalam mempelajari materi
d. Tidak dipatok oleh waktu dan tempat
e. Peserta didik lebih asyik dengan bermain internet dibanding kelas maya

26. Perbedaan LMS dan LCMS adalah....
a. LMS berfungsi sebagai pembuat konten, dan LCMS sebagai pembuatan konten
b. LMS sebagai evaluasi materi dan LCMS sebagai pembuatan konten
c. LMS untuk mendistribusikan materi dan LCMS untuk mengoilah materi
d. LMS bekerja saat proses pembelajaran dan LCMS untuk membuat konten
e. LMS untuk mengolah materi dan LCMS sebagai penyedia materi

27. Dibawah ini kelebihan edmodo, kecuali....
a. User interface
b. Sosial media
c. Compatibility
d. Aplikasi
e. Sharing data

28. Sebelum siswa mendaftar edmodo, siswa harus memasukkan kode group. Berapa digit-kah kode group yang harus dimasukkan....
a. 4 digit
b. 5 digit
c. 6 digit
d. 7 digit
e. 8 digit

29. Untuk mendaftar menjadi siswa, kita harus meng-klik....
a. I’m student
b. I’m Teacher
c. Sign In
d. I’m Parent
e. I’m Professor

30. Video untuk mengkomunikasikan ide atau gagasan, yang digunakan untuk memperkenalkan produk yang dibuat melalui proses merekam gambar dan suara adalah pengertian dari...
a. Simulasi digital
b. Simulasi video
c. Presentasi video
d. Presentasi produk
e. Video produk

31. Yang tidak termasuk jenis presentasi video yaitu....
a. Cerita
b. Dokumenter
c. Berita
d. Pembelajaran
e. Fakta

32. Video yang bertujuan untuk mengkomunikasikan ide atau gagasan, merupakan definisi dari jenis video...
a. Berita
b. Dokumenter
c. Cerita
d. Presentasi
e. Pembelajaran

33. Video yang memaparkan sebuah berita adalah jenis video...
a. Berita
b. Dokumenter
c. Cerita
d. Presentasi
e. Pembelajaran

34. Video yang memberikan materi pembelajaran agar mudah diserap adalah jenis video...
a. Berita
b. Dokumenter
c. Cerita
d. Presentasi
e. Pembelajaran

35. Rancangan yang tersusun di pikiran dan kemudian menimbulkan konsep dinamakan...
a. Ide
b. Konsep
c. Sinopsis
d. Naskah
e. Cerita

36. Treatment adalah...
a. Langkah menyusun masalah
b. Merumuskan masalah
c. Langkah menyusun adegan
d. Langkah membuat video
e. Langkah menyusun gambar

37. Pengertian simulasi visual adalah....
a. Bahan lelucon
b. Media penyampaian orasi siswa
c. Platform yang menggunakan 3D
d. Media untuk penyampaian ide dan konsep dalam bentuk simulasi digital
e. Berbentuk perangkat keras

38. Menu utama Blender yang terdiri dari File, Add, Render, dan Help..
a. Timeline
b. Viewport
c. Header
d. Properties
e. Toolbar

39. Fitur yang terdiri dari objek 3D dan objek lainnya disebut....
a. Header
b. Properties
c. Toolbar
d. Timeline
e. Viewport

40. Fitur yang terdiri dari daftar tools yang memiliki sifat dinamis menurut objeknya....
a. Header
b. Properties
c. Toolbar
d. Timeline
e. Viewport

41. Yang dimaksud dengan timeline adalah....
a. Merupakan workspace besar yang biasa disebut sebagai kanvas dan merupakan tempat pembuatan objek 3 dimensi
b. Merupakan tempat tool-tool yang biasa digunakan dan berganti-ganti sesuai apa yang sedang dikerjakan pada 3D view
c. Merupakan tempat pemberi informasi mengenai transformasi dan segala macam mengenai objek yang terseleksi
d. Instruksi yang terkait dengan frame animasi atau untuk sequencer
e. Merupakan tempat untuk memilih berbagai bentuk objek dan animasi 3D

42. Rigging adalah....
a. Proses penulangan (pemberian tulang ) yang tersusun dari beberapa potong tulang (bone) yang saling berhubungan
b. Proses pemberian otot yang tersusun dari beberapa otot
c. Proses penggerakan tulang pada objek
d. Proses penggabungan tulang dengan objek menjadi satu kesatuan
e. A dan C benar

44. Agar tidak terjadi efek jumping pada video, maka dibutuhkan...
a. Transisi
b. Image
c. Movie
d. Effect strip
e. Fixing

44. Sebuah format property Amazon, yang menyerupai format MOBI dan kadang-kadang tanpa menyertakan Digital Rights Management (DRM). DRM pada format ini dikhususkan untuk Kindle Amazon dan merupakan format buku digital jenis...
a. AZW
b. EPUB
c. KF 10
d. MOBI
e. PDF

45. EPUB dapat dibaca di berbagai perangkat, yaitu kecuali. . .
a. Komputer
b. Android
c. Calibre
d. Plugin Firefox
e. Google Chrome