Cara Menghadapi Ujian CPNS - Tips Lulus SKD CPNS 2021

Cara Menghadapi Ujian CPNS - Tips Lulus SKD CPNS 2021
Cara Menghadapi Ujian CPNS - Tips Lulus SKD CPNS 2021

Cara Menghadapi Ujian CPNS - Tips Lulus SKD CPNS 2021. Tes CPNS 2021 adalah momen penting bagi pesertanya bahkan hal yang sangat dinantikan. Agar bisa memasuki jenjang karier PNS yang menjanjikan. Peminat lowongan kerja PNS tak pernah surut dari tahun ke tahun, bahkan semakin bertambah, sehingga setiap peserta harus menghadapi kemungkinan tidak lulus ujian SKD CPNS 2021. Kalian bisa mengikuti tips-tips dibawah ini untuk lulus SKD CPNS 2021.

SKD adalah kependekan dari Seleksi Kompetensi Dasar yang terdiri atas materi ujian tes wawancara kebangsaaan (TWK), tes intelegensi umum (TIU), dan tes karakteristik Pribadi (TKP). Seleksi CPNS dikenal dengan persaingannya yang ketat. Maka dari itu, kalian harus memiliki persiapan maisng-masing agar bisa lulus CPNS 2021. Jika kalian masih bingung bagaimana cara menghadapinya, simaklah tips cara menghadapi Tes CPNS dibawah ini.

Cara Menghadapi Ujian CPNS

Tips Lulus Seleksi Administrasi 

Yang pertama adalah seleksi administrasi. Sesuai dengan namanya, seleksi ini adalah proses menyeleksi berkas dan segala administrasi sesuai dengan ketentuan yang diberikan. Peserta yang tidak lulus, disediakan kesempatan masa sanggah, yang artinya apabila kalian merasa keberatan terhadap hasil keputusan instansi, maka kalian dapat mengajukan sanggahan dengan membuktikan dokumen persyaratan yang telah diunggah sudah sesuai dengan persyaratan umum dan khusus yang ditentukan. 
  1. Siapkan Semua Berkas 
  2. Sebelum mendaftar siapkanlah semua berkas yang diperlukan. Agar tidak ketinggalan informasi, kalian perlu mencari tau seputar CPNS dan instansi yang ingin kalian tuju sebelum kalian mendaftarkan diri kalian pada situs sscasn.bkn.go.id 2021. Banyak sekali situs informasi mengenai CPNS 2021 yang dapat kalian temui seperti di sosmed dan lainnya. Contoh dokumen yang diperlukan masuk dalam persyaratan umum seperti pas foto, KTP, KK.

  3. Perhatikan Kualifikasi Pendidikan
  4. Setelah resmi dibuka, dan formasi diumumkan, maka kalian harus memperhatikan kualifikasi pendidikan yang diminta untuk jabatan yang kalian pilih. Tentu saja harus sesuai dengan latar belakang ijazah terakhir yang kalian miliki ya. Hal yang sama pentingnya, kalian harus memperhatikan nomenklatur atau penamaan program studi dari Kementerian Pendidikan, misalkan S1 Ekonomi Syariah menjadi S1 Ekonomi. Hal ini bukan saja hanya untuk lulus seleksi administrasi, tapi penting juga saat kamu mengikuti SKB, karena kalian akan diuji mengenai bidang yang sesuai dengan latar belakang pendidikan kalian.

Tips Memilih Formasi yang Tepat

Formasi adalah posisi atau lowongan yang sedang dibuka atau dibutuhkan suatu instansi baik di tingkat kementerian, pemerintah provinsi, maupun pemerintah daerah kabupaten atau kota. Setiap posisi yang lowong tergantung kebutuhan masing-masing instansi.  Memilih formasi dan jabatan merupakan hal yang bisa membuat kalian bimbang, kalian harus memutuskannya dengan matang. Memilih formasi juga menentukan peluang bagi kalian untuk lolos CPNS 2021
  1. Yakinlah dengan Kemampuan
  2. Yakinkanlah hati kalian dengan kemampuan bahwa kalian bisa melewatinya serta menjawab soal-soal dalam seleksi Ujian CPNS. Jangan sampai terselip keraguan yang pada akhirnya hanya merusak keyakinanmu saja. Jangan lupa untuk minta saran kepada orang tua dan kerabat terdekat untuk membantumu dalam keyakinan ini. Sehingga kalian tidak perlu merasa ragu untuk memilih formasi yang jadi incaran.

  3. Perhatikan Banyaknya Kualifikasi Pendidikan
  4. Saat memilih formasi kalian wajib memperhatikan berapa jenis kualifikasi pendidikan yang diminta dalam jabatan yang jadi pilihan.  Seleksi kembali jabatan tersebut, pertimbangkan untuk memilih formasi lainnya. Karena berkaitan dengan seberapa besar peluang kalian untuk bisa lulus.

  5. Perhatikan Persyaratan-persyaratan Khusus
  6. Setiap instansi yang membuka formasi memiliki persyaratan khusus yang berbeda-beda dari instansi lainnya. Untuk itu, pastikanlah kalian memenuhi persyaratan tersebut.

  7. Penempatan Unit atau Satuan Kerja 
  8. Alangkah baiknya jika kalian mencari tahu terlebih dahulu, di unit dan satuan kerja mana nantinya kalian akan ditempatkan karena bisa menjadi pertimbangan dalam memilih formasi karena tidak semuanya sama. Jika tidak sesuai, kalian bisa mencari alternatif lainnya.
Apabila kalian ingin mengetahui lebih detail mengenai Formasi CPNS 2021 Untuk Lulusan SMA, S1, D3, dan D4 kalian bisa lihat disini.

Jurusan Kuliah yang Banyak Jadi PNS

  1. Jurusan Pendidikan
  2. Jurusan ini merupakan yang paling favorit dan tidak pernah surut peminat. Dan dalam seleksi CPNS hampir seluruh peserta memiliki jurusan pendidikan. Untuk semua jenjang pendidikan yang ada di Indonesia masih membutuhkan tenaga pendidik yang profesional dan berkompeten. Kualifikasi matematika, bahasa Indonesia, sosial, dan pendidikan agama.

  3. Jurusan Kesehatan
  4. Jurusan ini merupakan salah satu jurusan yang selalu dibutuhkan di dunia kesehatan. Penerimaan CPNS untuk jurusan kesehatan juga dibuka terus oleh pemerintah. Dalam ilmu kesehatan ada banyak kualifikasi yang masih minim jumlahnya di Indonesia, sebagai perawat, analis serta menjadi perawat. 

  5. Jurusan Teknik
  6. Jurusan ini memiliki peluang besar dalam setiap CPNS. Keahlian dalam jurusan ini masih sangat minim di Indonesia oleh sebab itu jurusan adalah salah satu jurusan yang selalu dibutuhkan dalam setiap penerimaan.  Berbagai kualifikasi dalam jurusan teknik memiliki peluang yang sama mulai dari teknik fisika, kimia, lingkungan bahkan sampai kepada teknik pertambangan. Terutama teknik industri dan Perminyakan.

  7. Jurusan Teknologi Informasi (Komputer)
  8. Jurusan yang satu ini juga sangat dibutuhkan karena Ilmu IT sangat banyak dibutuhkan dalam setiap urusan administrasi pemerintahan. Jurusan teknologi informasi adalah jurusan yang selalu ada dalam setiap formasi yang dibutuhkan pemerintah. Perkembangan dunia teknologi mengharuskan pemerintah memiliki tenaga khusus dalam bidang informasi komputer ini. Semua kualifikasi jurusan ini mempunyai peluang sangat besar. 

  9. Jurusan Hukum
  10. Jurusan yang membidangi tentang pendampingan kasus hukum di Indonesia masih sangat membutuhkan tenaga profesional dalam bidang hukum ini. Hukum adalah bidang yang paling banyak menduduki jabatan di pemerintahan. Hal ini disebabkan hukum adalah masalah penting untuk kestabilan politik negara dan pemerintahan.

  11. Jurusan Manajemen
  12. Manajemen adalah ilmu yang dibutuhkan dalam setiap aspek terutama pada instansi, lembaga maupun kantor pusat pelayanan masyarakat. Oleh sebab itu wajar jika jurusan ini menjadi sangat  banyak dipilih oleh mahasiswa. Ahli manajemen juga tersedia untuk semua kualifikasi dalam pemerintahan. 

  13. Jurusan Politik Dan Pemerintahan
  14. Untuk menjadi abdi negara tentulah memahami ilmu kepemerintahan dan politik. Posisi ini banyak dibutuhkan dan didudukkan di tempat-tempat strategis dalam pemerintahan. Jurusan ini juga merupakan jurusan yang paling direkomendasi pada saat seleksi CPNS. Pemerintahan membutuhkan banyak tenaga ahli untuk bisa memahami kondisi politik dan pemerintah dimasa-masa yang akan datang.

  15. Jurusan Ekonomi Pembangunan
  16. Jurusan ekonomi pembangunan sangat dibutuhkan keberadaannya dalam mengelola perekonomian di Indonesia. Pemerintah sangat membutuhkan tenaga ahli ekonomi karena ekonomi memang dibutuhkan baik di perusahaan pemerintahan maupun swasta. Klasifikasi jurusan ekonomi lainnya juga memiliki potensi memiliki banyak formasi yang banyak dalam seleksi PNS.

Tips Melewati Proses Seleksi SKD dan SKB

Dalam Tes CPNS SKD Bobot nya adalah 40 persen dari keseluruhan, terdapat 3 macam soal yang harus kamu kerjakan yaitu TWK, TIU, TKP, dengan total soal 110 dan kamu diberikan waktu 2 jam untuk mengerjakan. Sedangkan SKB punya bobot 60 persen dari keseluruhan, SKB mengenai pemahaman bidang, dan tes khusus lainnya yang disediakan oleh instansi seperti wawancara, tes fisik, atau juga psikotes. 
  1. Rajin Latihan Soal 
  2. Manfaatkan waktu kalian untuk mengerjakan latihan soal secara berulang-ulang baik secara individu atau belajar berkelompok. Kalian juga bisa berlatih soal CPNS 2021 disini.

  3. Mulai Kerjakan dari Soal yang Mudah
  4. Tipe soal pertama yang akan kalian temukan adalah TWK, TIU, dan TKP. Nah, kalian bisa saja melewati soal dan mengerjakan soal yang menurut kalian lebih mudah terdahulu seperti soal TKP, dilanjutkan dengan TWK, dan terakhir TIU.
Soal TKP bisa dikatakan paling mudah karena tidak ada jawaban yang benar atau salah, semua opsi jawaban mempunyai nilai poin, jadi jawablah soal ini sesuai dengan pandangan kalian masing-masing. Dilanjutkan dengan soal TWK (tes wawasan kebangsaan) yang menyangkut sejarah yang pernah dipelajari waktu sekolah. Yang terakhir adalah soal TIU, soal-soal tersebut membutuhkan waktu dan kecermatan yang khusus. Terdapat soal matematik dan logika dasar di TIU. Dengan menyelesaikan soal yang mudah terlebih dahulu maka kalian bisa memaksimalkan waktu pada soal ini dengan teliti.

Kisi-kisi soal SKD CPNS 2021 yang disampaikan oleh BKN

TWK

  • Nasionalisme
  • Integritas
  • Bela Negara
  • Pilar Negara
  • Bahasa Indonesia

TIU

  • Kemampuan Verbal (analogi, silogisme, analitis)
  • Kemampuan Numerik (berhitung, deret angka, perbandingan kuantitatif, soal cerita)
  • Kemampuan Figural (analogi, ketidaksamaan, serial)

TKP

  • Pelayanan Publik
  • Jejaring Kerja
  • Sosial Budaya
  • Teknologi Informasi
  • Profesionalisme
  • Anti radikalisme
Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat bagi kalian semua terutama para pejuang calon PNS. Tips lulus CPNS 2021 yang tidak kalah penting yaitu jangan lupa berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar diberikan kelancaran dan kemudahan. Usaha selalu diiringi dengan do'a, karena usaha tanpa do'a adalah sia-sia. So, sukses untuk kalian semua, jangan menyerah dan selamat berjuang!