Soal UAS/PAS Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1

Soal UASPAS Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1 Lengkap dengan Jawaban
Soal UASPAS Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1 Lengkap dengan Jawaban

Soal UAS/PAS Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1 Lengkap dengan Jawaban Biasanya setiap tahunnya, jg beberapa soal ada yang sama dengan sebelumnya. Sehingga bisa menjadi sebuah ringkasan belajar ataupun rangkuman soal dalam rangka menghadapi pekan ujian akhir semester satu. Kali ini saya akan bagikan pada kalian semua Soal Latihan UAS/PAS Bahasa Indonesia SMA/SMK Kelas 12 Semester 1.
 
Pada akhir semester ini sekolah-sekolah pastinya bersiap melaksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS) atau Ulangan Akhir Semester (UAS) disemua jenjang dan tingkatan, termasuk bagi para siswa SMA dan SMK dan semua jurusan. Adapun nilai hasil dari ulangan tersebut menjadi salah satu komponen dalam menentukan nilai raport untuk semester genap atau semester 1.
 
Pada tahun ini hampir mayoritas sekolah khusunya untuk kelas SMA dan SMK menggunakan Kurikulum 2013. Oleh karena itu tentu saja Materi soal-soal PAS/UAS mengacu atau menggunakan bahan ajar kurikulum 2013.
 
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia menjadi mata pelajaran yang akan diujikan pada para siswa. Oleh karena itu, saya ingin membagikan Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 12. Soal Latihan UAS/PAS Bahasa Indonesia SMA/SMK Kelas 12 Semester 1 ini sebagai bahan latihan untuk kalian mempersiapkan diri dalam mengahadapi PAS/UAS tersebut.
 
Soal Latihan UAS/PAS Bahasa Indonesia SMA/SMK Kelas 12 Semester 1 bisa kalian pelajari langsung pada halaman ini. Saya juga menyiapkan kunci jawabannya. Sehingga akan lebih memudahkan para siswa atau orang tua dalam memberikan bimbingan belajar pada kalian.
 
Saya berharap setelah mempelajari Soal Latihan UAS/PAS Bahasa Indonesia SMA/SMK Kelas 11 Semester 1 ini nilai kalian akan memuaskan dan pada akhirnya prestasi terbaik bisa diraih. Pada Soal Latihan UAS/PAS Bahasa Indonesia SMA/SMK Kelas 12 Semester 1 ini terdiri dari beberapa kompetensi dasar dari muatan materi mata pelajaran Bahasa Indonesia. Agar lebih komprehensip sebaiknya pelajari semua dari Soal Latihan UAS/PAS Bahasa Indonesia SMA/SMK Kelas 12 Semester 1 di bawah ini.

Soal UAS/PAS Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1

SOAL PILIHAN GANDA

Cermati paragraf berikut untuk soal nomor 1 dan 2!

(1) Kejadian dalam peristiwa sejarah dianggap sebagai proses atau dinamika dalam suatu konteks historis bukan hanya sekadar peristiwa yang terjadi pada masa lampau. (2) Sejarah termasuk ilmu empiris karena sejarah sangat bergantung pada pengalaman manusia, kerap dimasukkan ke dalam ilmu kemanusiaan, dan berbeda dengan antropologi atau sosiologi. (3) Sejarah membicarakan manusia dari segi waktu, seperti perkembangan masyarakat dari satu bentuk ke bentuk lainnya. (4) Diungkapkan pula kesinambungan yang terjadi dalam suatu masyarakat, pengulangan peristiwa yang terjadi pada masa lampau, dan perubahan yang terjadi dalam masyarakat. (5) Berbagai nilai dan kearifan yang terdapat dalam sebuah peristiwa sejarah itu merupakan sumber kekayaan yang dapat diserap dan diterapkan dalam mempersiapkan masa depan generasi muda.

1. Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor ....
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
e. (5) 

Jawaban : A

2. Makna istilah empiris yang tercetak miring pada kalimat nomor (2) dalam paragraf tersebut adalah ....
a. perbuatan seseorang
b. berdasarkan pengalaman
c. dasar pemantauan
d. kejadian penting
e. melakukan penelitian 

Jawaban : B

Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 3 dan 4!

(1) Melalui teks cerita ulang atau dikenal juga dengan sebutan teks rekon (recount), pengalaman nyata pada masa lalu dapat dibangkitkan atau dihidupkan kembali. (2) Setelah informasi tentang sebuah peristiwa sejarah diperoleh, seseorang dapat mengumpulkan data yang tepat, akurat, serta autentik tentang peristiwa tersebut dari berbagai sumber, baik lisan, tertulis maupun benda-benda yang berkaitan dengan peristiwa sejarah yang dimaksud. (3) Bukti sejarah juga sudah dimuat pada buku sejarah yang ditulis oleh pakar sejarah. (4) Dari buku tersebut dicatat hal yang akan diteliti secara cermat, dibandingkan satu sama lain, dinterpretasikan kemudian direkonstruksi sehingga menghasilkan kisah sejarah yang mudah dipahami. (5) Hal yang demikian itu, semoga menjadi perhatian semua peneliti dalam melakukan sebuah penelitian agar hasilnya sempurna dan akurat.

3. Yang tidak padu pada paragraf tersebut adalah kalimat bernomor ….
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
e. (5) 

Jawaban : B

4. Yang berupa fakta pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat bernomor ….
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
e. (5) 

Jawaban : C

Cermati kutipan tajuk rencana berikut untuk menjawab soal nomor 5 - 7!

Di Mentawai, Sumatera Barat, lain lagi yang terjadi. Kepulauan ini memiliki ombak terbaik untuk berselancar. Di dunia ini hanya ada tiga tempat yang memiliki barrel ombak berbentuk terowongan yang dapat ditemui sepanjang waktu: Hawaii, Haiti, dan Mentawai. Namun, pemerintah daerah tidak berdaya. Di sana Resor tumbuh menjamur, tetapi kontribusi mereka kepada pusat seharusnya bisa menaikkan jumlah wisatawan asing yang datang ke negeri ini sehingga perekonomian masyarakat setempat terbantu.

5. Opini penulis yang sesuai dengan isi tajuk rencana tersebut adalah …
a. Ternyata banyak tempat wisatawan yang perlu dibangun ditanah air ini dan harus dilestarikan keindahannya oleh masyarakat setempat dan dibantu oleh berbagai pihak.
b. Tidak selalu dibebankan semuanya kepada pemerintah untuk membangun suatu daerah karena keterbatasan tenaga dan biaya yang tersedia, termasuk mempromosikan objek wisata.
c. Kepedulian pemerintah sangat diharapkan untuk mempromosikan tempat wisata yang belum begitu banyak dikenal agar objek wisata dikenal dan wisatawan banyak berkunjung.
d. Banyaknya tempat wisata yang indah dan menarik di tanah air seharusnya menjadi daya tarik wisatawan dalam negeri (lokal) daripada terdapat objek di luar negeri.
e. Pengelola objek wisata pada suatu daerah, seharusnya dapat meningkatkan daya tarik pengunjung dengan membangun fasilitas yang memadai bagi pengunjung. 

Jawaban : C

6. Pihak yang dituju dalam isi opini penulis pada tajuk rencana tersebut adalah ....
a. masyarakat setempat
b. pengelola wisata
c. wisatawan mancanegara
d. wisatawan lokal
e. pemerintah pusat

Jawaban : A

7. Keberpihakan penulis (editorial) dalam kutipan tersebut adalah ....
a. pemerintah pusat
b. masyarakat setempat
c. pengelola wisata
d. wisatawan mancanegara
e. wisatawan lokal 

Jawaban : B

Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 8 - 9!

Soekarno, sebagai orang Indonesia, telah memberi pengaruh besar terhadap perjalanan sejarah dunia. Oleh sebab itu, dia bisa disebut sebagai salah satu tokoh dunia. Ini yang membuat kita bangsa Indonesia sangat bangga memiliki pemimpin seperti dia.

8. Maksud kata acuan ini yang bercetak miring pada kalimat ke-3 paragraf tersebut adalah ….
a. sebagai salah satu tokoh dunia
b. Soekarno, Presiden Republik Indonesia
c. perjalanan sejarah dunia
d. seorang pemimpin bangsa Indonesia
e. sebagai orang Indonesia 

Jawaban : A

9. Inti kalimat yang tercetak miring pada paragraf tersebut adalah ….
a. Soekarno, sebagai orang Indonesia
b. orang Indonesia, telah memberi pengaruh
c. Soekarno memberi pengaruh terhadap sejarah
d. memberi pengaruh besar terhadap perjalanan
e. terhadap perjalanan sejarah dunia

Jawaban : C

10. Cermati teks berikut!

Tanaman yang ada, terutama yang tumbuh di Indonesia dikenal sebagai bahan ampuh untuk obat dan digunakan sebagai bahan obat-obatan tradisional. Tanaman ini dapat ditemui sehari-hari, seperti kunyit, jahe, jeruk limau yang dapat ditanam di pekarangan rumah. Ketiga tanaman ini dapat mengobati penyakit ringan, seperti batuk, masuk angin, dan panas dalam. Tanaman obat juga dapat dijadikan alternative berobat yang lebih aman dan alami.

Tujuan isi artikel tersebut untuk pembaca adalah …
a. Memberi pengetahuan bahwa tanaman di Indonesia ternyata dapat digunakan sebagai pengobatan penyakit.
b. Memberitahukan bahwa kunyit, jahe, dan jeruk limau termasuk tanaman obat yang dapat menyembuhkan penyakit ringan.
c. Memeroleh cara mengatasi penyakit yang diderita oleh seseorang dengan memberikan obat-obatan ringan tradisional.
d. Membedakan khasiat obat yang dibeli dengan khasiat yang diperoleh dari tanaman obat, seperti kunyit, jahe, dan jeruk limau.
e. Membandingkan dampak-dampak positif obat dari tanaman obat bagi pengguna obat tradisional tersebut.

Jawaban : A

11. Cermati teks berikut!

Kualitas pendidikan di Indonesia masih sangat memprihatinkan. Hal tersebut tercermin, antara lain, dari hasil studi kemampuan membaca untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) yang dilaksanakan oleh organisasi Internasional Education Achievement (IEA) yang menunjukkan bahwa siswa SD di Indonesia berada pada urutan ke-38 dari 39 negara peserta studi. Sementara untuk tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), studi untuk kemampuan matematikasiswa SMP sederajat di Indonesia hanya berada pada urutan ke-39 dari 42 negara dan untuk kemampuan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) hanya berada di urutan ke-40 dari 42 negara peserta.

Ide pokok dari paragraf tersebut adalah ….
a. kemampuan membaca
b. kemampuan matematika
c. kualitas pendidikan
d. kemampuan IPA
e. kualitas membaca

Jawaban : C

Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 12 dan 13!

(1) Isi buku tersebut menjelaskan cara mendidik anak dalam rumah tangga. (2) Menurut saya, pola yang diterapkan dalam rumah tangga sangat memengaruhi perkembangan anak, sekalipun dengan cara primitif, otoriter, atau demokratis. (3) Perhatian orang tua terhadap anak sangat diperlukan. (4) Orang tua harus bisa menjadi teladan, komunikasi orang tua dan anak memiliki dampak terhadap perkembangan dan pola pendidikan juga harus memperhatikan tahap perkembangan anak. (5) Perkembangan anak tidak boleh lepas dari pantauan orang tua.

12. Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor …
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
e. (5)

Jawaban : A

13. Makna istilah primitif pada paragraf tersebut adalah ….
a. pelan
b. cepat
c. kuno
d. maju
e. tegas

Jawaban : C

14. Cermati teks berikut!

(1) Pada sebuah cerita ulang biografi, partisipannya adalah manusia yang terlibat pada peristiwa tertentu dalam sejarah. (2) Penganalisaan fakta pelu dicek kembali. (3) Si penulis akan mencatat peristiwa tersebut secara kronologis. (4) Kesistematisan peristiwadalam penulisan harus diperhatikan. (5) Penggunaan kaidah bahasa dalam penulisan harus cermat pula.

Kesalahan penggunaan kata pada paragraf tersebut adalah ….
a. patisipan pada kalimat (1) salah, seharusnya partisipasi
b. penganalisaan pada kalimat (2) seharusnya penganalisisan
c. kronologis pada kalimat (3) seharusnya kronologi
d. kesistematisan pada kalimat (4) seharusnya kesistimatisan
e. kaidah pada kalimat (5) seharusnya kaedah 

Jawaban : B

15. Cermati penggunaan tanda baca pada kalimat dalam paragraf berikut!

(1) Keterlibatan Nelson Mandela dalam politik dimulai, saat dia keluar dari sekolah College of Fort Hare. (2) Namun selama bertahun-tahun, dia menyaksikan bagaimana politik apartheid sangat tidak manusiawi. (3) Keterlibatan inilah, yang kemudian menentukan jalan panjang yang harus dia tempuhnya. (4) Dia, memperjuangkan persamaan hak bagi mayoritas orang kulit hitam di Afrika Selatan. (5) Harapan Mandela untuk berhasil, sangatlah kecil karena selama berabad-abad pemerintah kolonial telah mengonsentrasikan semua kekuasaan politik dan militer.

Penggunaan tanda baca koma (,) yang salah dengan alasan perbaikan yang tepat adalah ....
a. pada kalimat bernomor (1) salah, seharusnya tanda koma dibuang karena sudah perdapat konjungsi saat sebagai pernyataan anak kalimat keterangan waktu
b. pada kalimat bernomor (2) salah, seharusnya tanda koma digunakan setelah kata namun karena penanda konjungsi antar paragraf
c. pada kalimat bernomor (3) salah, seharusnya tanda koma sesudah kata inilah tidak diperlukan karena tidak ada fungsinya
d. pada kalimat bernomor (4) salah, seharusnya tanda koma sesudah kata dia tidak diperlukan karena tidak ada fungsinya
e. pada kalimat bernomor (5) salah, seharusnya tanda koma dipindahkan setelah konjungsi karena. Karena sudah terdapat konjungsi karena sebagai penyataan anak kalimat keterangan sebab 

Jawaban : B

16. Cermati penggunaan tanda baca pada deretan kalimat berikut!
(1) Pada Agustus 1943, kapal yang dipimpinnya dihantam destroyer Jepang .
(2) Kapal terbelah dua, dan dua belas orang awaknya tewas.
(3) JFK, beberapa kru, dan awak kapal yang selamat.
(4) Namun, bantuan tidak kunjung datang sehingga mereka harus berenang.
(5) JFK melakukan tindakan heroik, menyelamatkan jiwa seorang kru yang terluka.
(6) Dia dan krunya akhirnya selamat, setelah ditemukan oleh penduduk asli.

Penggunaan tanda baca yang tepat terdapat pada kalimat bernomor ….
a. (1) dan (2)
b. (2) dan (3)
c. (3) dan (4)
d. (4) dan (5)
e. (5) dan (6) 

Jawaban : C

17. Cermati penulisan judul berikut!

Saya telah membaca buku sistem gotong royong dalam masyarakat pedesaan daerah istimewa Yogyakarta. Isi buku itu untuk salah satu sumber karya ilmiah saya yang sedang saya tulis.

Perbaikan penulisan judul buku tersebut adalah ....
a. Sistem gotong royong dalam masyarakat pedesaan Daerah Istimewa Yogyakarta
b. Sistem Gotong Royong dalam Masyarakat Pedesaan Daerah Istimewa Yogyakarta
c. Sistem Gotong Royong Dalam Masyarakat Pedesaan Daerah Istimewa Yogyakarta
d. Sistem gotong Royong dalam masyarakat Pedesaan Daerah Istimewa Yogyakarta
e. Sistem Gotong Royong dalam masyarakat pedesaan Daerah Istimewa Yogyakarta 

Jawaban : B

18. Cermati paragraf berikut!

Pada 17 Agustus 1945, tidak lama setelah Jepang takluk pada Sekutu, atas desakan para aktivis pemuda yang sempat menculik Soekarno ke Rengas Dengklok, Soekarno dan Hatta ... kemerdekaan Indonesia. Sehari kemudian Soekarno-Hatta diangkat menjadi presiden dan wakil presiden pertama Indonesia.

Istilah yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah...
a. memproklamasikan
b. memproklamatorkan
c. pemproklamasian
d. pemproklamiran
e. pemproklamatoran 

Jawaban : A

19. Cermati penggunaan konjungsi (kata penghubung) dalam paragraf berikut!

Di negara sedang berkembang, indeks tingkat kemiskinan yang didefinisikan sebagai proporsi masyarakat dengan pendapatan kurang dari US$ 1 per hari berdasarkan harga prioritas daya beli menurun 28,3% pada tahun 1987 menjadi 24% pada tahun 1998. Dan penurunan angka kemiskinan tidak dapat mengimbangi laju pertumbuhan penduduk, banyak kaum miskin di negara berkembang meningkat sekitar 160 juta antara tahun 1987 dan 1998. Begitu pula pada akhir abad ke dua puluh masalah kemiskinan meningkat pada banyak negara, terutama di Asia Tenggara yang secara langsung berpengaruh pada krisis finansial 1997.

Perbaikan kata konjungsi yang bercetak miring pada kalimat ke-2 paragraf tersebut adalah ….
a. bahwa
b. walau
c. sehingga
d. karena
e. bahkan 

Jawaban : C

20. Cermati deretan kalimat berikut!

Cara Membuat Tape Singkong
(1). Kukus singkong hingga matang, tetapi jangan sampai terlalu lembek, angkat singkong (jangan disentuh karena mengganggu fermentasi).
(2). Kupas dan bersihkan singkong, potong dengan ukuran panjang kira-kira 10-15 cm dan cuci sampai bersih.
(3). Tutup rapat singkong yang sudah ditaburi ragi dengan menggunakan daun pisang, dan tutup kembali menggunakan penutup wadah agar tidak terbuka.
(4). Sediakan wadah yang agak dalam seperti baskom, toples yang agak besar , atau bakul dan alasi dengan menggunakan daun singkong pada bagian dasar serta pinggirannya.
(5). Diamkan selama minimal 2 hari 2 malam, dan setelah itu cek tape dengan menggunakan garpu dan sudah bertekstur lembut , serta mudah ditusuk dengan garpu, berarti tape singkong sudah jadi.
(6). Susun singkong untuk lapisan pertama dengan menggunakan garpu untuk menatanya, taburkan sebagian bubuk ragi, susun lagi singkong untuk lapisan kedua, taburkan lagi ragi, dan seterusnya.

Urutan kalimat tersebut yang tepat sehingga menjadi sebuah paragraf prosedur adalah ….
a. (1), (2), (5), (6), (3), dan (4)
b. (2), (1), (4), (6), (3), dan (5)
c. (3), (1), (4), (2), (6), dan (5)
d. (4), (3), (2), (1), (5), dan (6)
e. (5), (2), (4), (3), (1), dan (6) 

Jawaban : B

Cermati kutipan teks cerita berikut untuk menjawab soal nomor 21 – 24!

”Ayo kita ke pasar,” kata Ibu Nur. ”Kami mau beli kembang, untuk nyekar.”

Kami tinggalkan warung di tepi sungai itu. Becak membawa kami ke pasar. Ibunya Nur membeli dua keranjang bunga rampai dan kami terus ke makam.

Di pemakaman itu kami sulit mencari dua makam ayah dan anaknya, suami dan mertuanya. Kucabut rimbunan semak menyiangi makam. Akhirnya kutemukan makam yang kami cari, R. Soedjatmiko, wafat 31 Agustus 1973. Kutabur bunga rampai. Kusentuh nisan yang bertulis namanya dan kupegang erat pusaranya.

”Maafkan aku Papi… Kutanggalkan ikatan lima ikat rambutan itu, kucampur dengan daun segarnya, kubungkus dengan taplak meja rumah tempat aku kos. Aku tak punya kebun dan pohon rambutan Papi… Maafkan aku membohongimu,” bisikku pelan supaya tidak didengar yang lain.

Wangi bunga rampai semerbak diterbangkan angin mengiring kami keluar dari pemakaman itu meninggalkannya. …

Nyekar, oleh Hamsad Rangkuti

21. Pendeskripsian watak tokoh aku seorang yang pembohong adalah melalui ....
a. dialog tokoh
b. pikiran-pikiran tokoh
c. penjelasan pengarang
d. lingkungan tokoh
e. tanggapan tokoh lain

Jawaban : A

22. Pembuktian bahwa latar dalam cerpen tersebut di pemakaman adalah ....
a. nyekar, kembang, tabur, rambutan
b. keranjang bunga, makam, pohon, nyekar
c. keranjang, pusara, bunga rampai, pohon
d. pohon, daun segar, bungkusan, rambutan
e. nyekar, nisan, pusara, bunga rampai

Jawaban : E

23. Hal yang terdapat dalam kutipan novel yang masih ditemukan dalam kehidupan saat ini adalah ….
a. berbecak
b. berwarung
c. nyekar
d. bernisan
e. mengubur

Jawaban : C

24. Amanat yang terdapat pada kutipan tersebut adalah ...
a. Sebelum melakukan kebohongan, pikirkanlah agar tidak timbul penyesalan kelaknya.
b. Demi kebaikan, sering berbohong tidak menjadi masalah atau diperbolehkan.
c. Kepada orang tua tidak masalah berbohong karena mudah untuk meminta maaf.
d. Akuilah kebohongan apa saja yang pernah dilakukan saat berada di kuburan orang tua.
e. Berusahalah menutupi kebohongan yang telah dilakukan, terutama kepada anggota keluarga.

Jawaban : A

25. Cermatilah paragraf berikut!

Yah, bukan tugas orang tua untuk menguliahi anak-anak yang sudah dewasa dan menikah. Yuliani dan suaminya hanya dapat berdoa dan menyerahkan perjalanan hidup anak-anaknya kepada kemahaarifan Tuhan. Tugas orang tua tidak berbeda dari apa yang dikerjakan Allah yang Mahabijaksana: member iklim, member syarat-syarat kehidupan, dan selanjutnya merestui kemerdekaan mereka. Ah, mungkin kebajikan ikhlas manusia di usia senja ialah sumarah, percaya bahwa Tuhan jauh lebih menjaga dan menuntun anak daripada orang tuanya.

Nilai agama dalam kutipan novel tersebut adalah ....
a. orang tua sangat bertanggung jawab kepada anaknya
b. ikhlas dalam menghadapi cobaan
c. menyerahkan segala-galanya kepada Tuhan
d. bukan tugas orang tua menyekolahkan anak
e. peribadatan yang dilakukan keluarganya

Jawaban : B

Selamat Belajar!