Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Sudah dihapus Tanpa Aplikasi

Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Sudah dihapus Tanpa Aplikasi
Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Sudah dihapus Tanpa Aplikasi

Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Sudah dihapus Tanpa Aplikasi - Saat ini sudah banyak sekali orang yang menggunakan aplikasi berkirim pesan yang satu ini untuk berbagai kepentingan komunikasi seperti pekerjaan,ngobrol, chatting bersama temen, pacar keluarga bahkan curhat. Dalam menggunakan aplikasi WhatsApp ini, pastinya kalian pernah menemui pesan yang baru saja dikirimnya. Hal tersebut bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti salah kirim dan lainnya. 

Setelah membaca artikel ini, kalian tidak perlu khawatir karena kalian masih bisa mencoba cara melihat chat WA yang sudah dihapus dengan mudah. Pasti kalian bertanya-tanya, apakah pesan WhatsApp yang sudah dihapus bisa dilihat kembali? Banyak sekali pengguna Whatsapp yang mencari cara melihat pesan Whatsapp yang dihapus. Sayangnya, beberapa cara yang tersebar kebanyakan meminta pengguna untuk menginstall aplikasi tambahan. Nah untuk mengatasi rasa penasaran tersebut, WhatsApp sendiri menghadirkan salah satu fitur canggih yang bisa digunakan untuk melihat pesan yang sudah terhapus, baik menggunakan aplikasi atau tanpa aplikasi loh. Jika kalian ingin mengetahuinya silahkan simak artikel mengenai cara melihat pesan WA yang sudah dihapus dibawah ini.

Cara Melihat Pesan WA yang Sudah dihapus

Cadangkan Pesan

Seperti yang kalian tahu bahwa WhatsApp secara otomatis mencadangkan isi percakapan yang disimpan ke memori ponsel atau Google Drive. Maka dari itu, kalian bisa memanfaatkan fitur ini untuk melihat pesan yang telah dihapus. Langkah yang haruskalian lakukan adalah :
  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Pilih menu Settings atau Setelan.
  3. Pilih opsi menu Chat > Cadangan Chat.
  4. Ketuk opsi Cadangan ke Google Drive dan pilih opsi waktu kapan ingin pesan percakapan dicadangkan. 
Sedikit tips saja, alangkah baiknya jika kalian menggunakan Wifi untuk melakukan hal ini, karena kuota internet yang diperlukan cukup besar apabila filenya besar. 

Uninstall lalu Install Kembali WhatsApp

Cara melihat pesan WhatsApp yang terhapus yang kedua adalah dengan uninstall WhatsApp kalian. Tetapi jangan lupa setelah itu install kembali aplikasinya. Saat melakukan install ulang dan log in WhatsApp akan ada pilihan Restore. Klik opsi itu, dan seluruh percakapan sebelumnya akan kembali dan kalian bisa membaca pesan WA yang sudah dihapus. Perlu kalian ingat bahwa uninstall WhatsApp bukan lantas kalian menghapus akun WhatsApp yaa. Mungkin untuk langkah-langkah uninstall wa lalu menginstallnya kembali sudah familiar bagi sebagian besar orang, tetapi untuk kalian yang masih belum mengetahuinya, akan saya berikan tutorialnya sebagai berikut :
  1. Ketuk dan tahan ikon WhatsApp pada layar menu ponsel.
  2. Kemudian pilih opsi Hapus Instalasi.
  3. Buka Play Store dan unduh kembali WhatsApp.
  4. Saat log in WhatsApp akan memberikan opsi Restore.
  5. Ketuk opsi tersebut agar semua percakapan Anda kembali.

Ekspor Chat

Mungkin fitur ini jarang digunakan para pengguna WhatsApp karena riwayat pesan disajikan oleh WhatsApp bentuk format.txt. Padahal fitur ini bisa dimanfaatkan untuk mengembalikan pesan percakapan yang terhapus.

Tetapi kalian harus melakukannya beberapa kali, karena ekspor chat hanya bisa dilakukan untuk satu riwayat chat pengguna. Sebagai informasi bahwa ekspor chat hanya bisa dilakukan pada satu riwayat chat pengguna saja. Caranya adalah sebagai berikut :
  1. Buka menu Setelan > Chat > Riwayat Chat.
  2. Ketuk Ekspor Chat dan pilih kontak yang ingin dicadangkan pesannya.
  3. Pilih opsi Sertakan Media jika ingin file atau dokumen juga dicadangkan.
  4. WhatsApp akan memberikan opsi penyimpanan pada Google Drive atau email.
  5. Cek email atau Google Drive sesuai dengan pilihan membaca isi pesan.

Menggunakan Database

Cara yang terakhir ini memang cukup sulit untuk dilakukan. Pasalnya kalian harus membuka file dari database Chat WhatsApp di penyimpanan Android kalian. Cara terakhir ini juga bisa kalian terapkan untuk meliihat pesan yang sudah ditarik lama oleh semua pengirim dan belum sempat dibaca.
  1. Buka File Manager di smartphone
  2. Setelah terbuka silakan cari dan buka folder Penyimpanan Internal -> WhatsApp -> Database
  3. Pada folder databse inilah isinya file yang sudah ditarik oleh pengguna WAcara mengetahui pesan wa yang dihapus
  4. Copy file msgstore, kemudian pastekan pada folder selain dari Database tersebut
  5. Lalu kalian bisa mencopot pemasangan aplikasi WhatsApp
  6. Kemudian kalian bisa mengubah file bernama Msgstore.db.crypt menjadi Msgstore.db.crypt**  tanpa menghapus tanda **
  7. Kemudian masukkan kembali ke folder Database WA tadi
  8. Setelah itu silahkan instal kembali aplikasi WhatsApp
  9. Setelah itu login menggunakan akun WA
  10. Disitu nanti akan ada pilihan dimana kalian harus memulihkan data backup yang tersimpan pada memori telepon
Cara melihat pesan di WA yang sudah dihapus tanpa aplikasi seperti diatas ini bisa diterapkan untuk pengguna Android dan iPhone. Cara ini tidak kami rekomendasikan untuk mencoba melihat satu pesan tidak penting yang dihapus pengguna lain. Alasannya, jika kalian harus mencopot aplikasi, dan proses pengembalian data ini memakan waktu relatif lama loh teman-teman.

Terlepas dari itu semua, saya juga akan membagian langkah-lanhkah melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus dengan menggunakan aplikasi tambahan pada artikel selanjutnya.

Sekian artikel mengenai cara melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus tanpa menggunakan aplikasi. Semoga bisa bermanfaat untuk kalian yang ingin mencobanya atau sedang butuh karena masih terdapat data yang penting untuk kalian temukan kembali. Selamat Mencoba, Semoga berhasil!