Hal yang Harus Dipersiapkan untuk Mendaftar SNMPTN

Hal yang Harus Dipersiapkan untuk Mendaftar SNMPTN
Hal yang Harus Dipersiapkan untuk Mendaftar SNMPTN

Hal yang Harus Dipersiapkan untuk Mendaftar SNMPTN - Sebagian dari kalian pasti ingin berkuliah di Perguruan Tinggi Negeri atau Politeknik Negeri. SNMPTN menjadi salah satu jalur untuk masuk ke PTN. Kalian pasti juga menunggu-nunggu kapan jadwal mendaftar SNMPTN 2022 ini. Namun, penjelasan ini akan saya bahas pada artikel selanjutnya. Sebelum kalian mendaftar, kalian perlu mempersiapkan beberapa hal. Simak artikel dibawah ini untuk mengetahui Hal yang Harus Dipersiapkan untuk Mendaftar SNMPTN.

Apa Itu SNMPTN?

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur masuk PTN yang menggunakan nilai raport sebagai syarat penilaian. Nilai raport yang digunakan yaitu raport semester 1 sampai dengan semester 5. Selain nilai raport, kalian juga bisa menyertakan sertifikat capaian prestasi agar peluang lolos SNMPTN makin besar.

Melaluui jalur SNMPTN nantinya perguruan tinggi akan menyaring para calon mahasiswanya berdasarkan aspek akademis di sekolah. Jalur SNMPTN ini diperuntukkan bagi siswa yang memiliki prestasi unggul. Untuk mengetahui informasi seputar SNMPTN kalian bisa mencarinya melalui portal LTMPT. Karena SNMPTN diadakan oleh LTMPT. Kalian bisa mengaksesnya di situs web resmi https://ltmpt.ac.id/.

Kuota SNMPTN 2022

Kuota atau daya tampung SNMPTN biasanya minimal 20% dari jalur seleksi keseluruhan pada tiap program studi. Daya tampung ini merupakan daya tampung yang paling kecil dibandingkan SBMPTN dan Ujian Mandiri. Maka dari itu, hanya siswa yang memenuhi syarat atau masuk pemeringkatan sekolah saja yang bisa mengikuti SNMPTN. Siswa yang terpilih mengikuti SNMPTN biasanya disebut sebagai siswa eligible.

Pemilihan siswa eligible dilakukan berdasarkan pemeringkatan hasil nilai mata pelajaran dan kelengkapan data siswa yang diberikan pihak sekolah. LTMPT menetapkan kuota sekolah berdasarkan akreditasinya. Makin bagus akreditasi sekolah, maka makin banyak siswa yang dapat mengikuti SNMPTN.

Artikel ini bukan hanya dikhususkan untuk kalian yang sedang duduk dibangku kelas 12 saja, teteapi juga ditujukan untuk kalian  masih kelas 11 bahkan 10. Karena penilaian yang dilihat dimulai dari semester 1 kelas 10. Maka dari itu cocok sekali untuk kalian mempersiapkan diri dan beberapa hal yang diperlukan.

Hal yang Harus Dipersiapkan untuk Mendaftar SNMPTN

Pilih jurusan sesuai kelas

Tidak disarankan lintas jurusan. Jika kamu jurusan IPA maka hanya boleh masuk jurusan Saintek dan IPS wajib pilih jurusan Soshum. SNMPTN dinilai dari prestasi raport. Karena penilaian kriteria kan dilihat dari nilai raport, agar memudahkan untuk menyeksi dari sekian banyak nya pendaftar SNMPTN dari berbagai penjuru Indonesia.

Mencari informasi melalui guru BK dan alumni

Biasanya guru BK punya daftar alumni yang lolos SNMPTN di tahun-tahun sebelumnya. Selain nilai, pihak kampus juga mempertimbangkan jumlah alumni yang diterima dari sekolah kamu. Jika kalian kenal dengan kaka kelas, tanyalah kepada mereka bagaimana pengalamannya dan apa saja strategi yang dilakukan hingga keterima di PTN yang mereka inginkan. Jangan malu-malu untuk bertanya seputar SNMPTN kepada mereka. Karena kalian bisa mendafatkan banyak informasi dari orang-orang yang sudah berpengalaman.

Perbanyak portofolio

Portofolio adalah dokumen yang berisi kumpulan karya yang pernah kamu buat. Ada beberapa jurusan yang mewajibkan hal ini, contohnya jurusan Seni dan Olahraga. Portofolio membantu kampus untuk Seperti penghargaan piagam atau bahkan lomba-lomba nasional juga dapat menambah poinmu. Memiliki kemampuan khusus dibidangnya. Menilai sejauh mana potensi dan bakat yang kalian miliki.

Cek akreditasi sekolah

Perlu kalian ketahui, jumlah siswa yang dapat mendaftar SNMPTN (eligible) bergantung dari akreditasi sekolah. Sekolah dengan akreditasi A memiliki kuota sebesar 40%. Sekolah dengan akreditasi B sebanyak 25%, dan akreditasi C hanya 5%. Hal ini bisa kalain kulik kepada guru kalian masing-masing.

Perhatikan keketatan jurusan

Pada tahun-tahun sebelumnya, sejumlah jurusan dengan keketatan tertinggi atau paling diminati. Sebelum mendaftar, pastikan kalian sudah paham persaingan di masing-masing kampus agar kalian dapat mempertimbangkannya. Hal tersebut bisa kalian terapkan dan kalian coba. Tiada hasil yang menghianati usaha, maka dari itu untuk kalian yang masih duduk dikelas 11 bahkan kelas 10 bersiap-siaplah dan giatlah belajar agar kalian dapat lolos SNMPTN ditahun kalian.Dan untuk kelas akhir, percaya dirilah bahwa kalian akan keterima pada PTN yang kalian inginkan. Semoga berhasil dan selamat berjuang! Sekian artikel mengenai Hal yang Harus Dipersiapkan untuk Mendaftar SNMPTN. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.